Informasi Data Jembatan? Lihat www.datajembatan.com

Sebagai negara dengan kondisi geografis kepulauan dan memiliki banyak sungai besar, Indonesia memerlukan banyak jembatan sebagai infrastruktur penghubung dalam membuka daerah isolasi dan tentunya untuk menunjang pertumbuhan ekonomi. Banyaknya jembatan yang telah dibangun tersebut ternyata tidak diiringi dengan perawatan yang baik dan informasi yang memadai dalam pengelolaannya.

Kondisi tersebut jelas akan membuat jembatan yang dengan telah susah payah dibangun akan sulit untuk dikelola dan dirawat serta diawasi kondisinya. Kita tentu masih ingat beberapa kejadian yang menunjukkan lemahnya hal tersebut, yaitu:

Sebagai salah satu usaha untuk memudahkan dalam mendapatkan data, pengelolaan dan perawatan serta pengawasan kondisi jembatan, kini telah ada situs yang menyajikan data-data jembatan di Indonesia dan juga dunia. Web ini dibuat oleh kolega penulis di UGM dengan alamat web www.datajembatan.com.

Pada situs tersebut, setidaknya telah ada data 165 jembatan di seluruh Indonesia dan juga beberapa jembatan besar dan terkenal di luar negeri. Berikut tampilan muka dari web tersebut:

 

Gambar Tampilan muka www.datajembatan.com

Pada situs ini, diberikan informasi mengenai data penting jembatan seperti panjang total jembatan, panjang bentang terpanjang, lebar jembatan, jenis jembatan, tipe lintasan, masa pelaksanaan, lokasinya, dan beberapa informasi lain. Di samping itu juga terdapat informasi mengenai statistik jembatan yang dibagi berdasarkan kategori lokasi, panjang jembatan, panjang bentang, jumlah bentang, bangunan atas dan bangunan bawah, serta kondisi serta surveynya.Terdapat pula Top10 yang merangking data statistik jembatan dalam urutan 10 besar.

Web ini juga direncanakan akan dapat digunakan oleh pengguna untuk berkontribusi dalam memberikan data-data terkait jembatan.

Semoga web ini berkontribusi dalam memberikan informasi penting dalam mengelola jembatan di Indonesia dan juga mendapatkan data-data jembatan yang penting di luar negeri sebagai informasi tambahan dan juga benchmarking dalam pembangunan jembatan berikutnya di Indonesia.

 

 

Did you like this? Share it:
This entry was posted in Proyek Indonesia and tagged , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Informasi Data Jembatan? Lihat www.datajembatan.com

  1. Semoga Anda Bahagia dan Sejahtera Tahun Baru. Aku akan mengikuti blog ini pada tahun 2014 juga ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>