Consultation & Training

A. KONSULTASI

Memperhatikan cukup banyaknya permintaan konsultasi yang ada, maka disediakan waktu bagi para praktisi, mahasiswa, dan peneliti untuk dapat berdiskusi dan konsultasi langsung. Topik konsultasi yang dapat diberikan adalah :

1.   GENERAL PROJECT MANAGEMENT – Diskusi dan konsultasi terkait sistem pengelolaan proyek secara umum termasuk problem solving yang dapat berupa general project management system, project management plan, dan project management control.

2.  PROJECT SCOPE MANAGEMENT – Diskusi dan konsultasi terkait cara mengelola lingkup dengan baik pada proyek agar dapat sesuai target. Konsultasi terutama berupa general scope management, teknik membuat WBS, dan metode pengendalian lingkup agar terjaga hingga penyelesaian proyek

3.  PROJECT COST REDUCTION MANAGEMENT – Diskusi dan konsultasi terutama mengatasi proyek yang mengalami kerugian / cost overrun agar dapat ditekan semaksimal mungkin atau meningkatkan potensi keuntungan proyek atau memastikan kinerja biaya proyek, tanpa mengurangi mutu dan menghambat kecepatan pelaksanaan. Konsultasi dapat berupa perencanaan cost reduction (Cost Reduction plan), bagaimana menjadi kreatif untuk mendapatkan ide brilian atas cost reduction (Creativity techniques), dan bagaimana meningkatkan keberhasilan program cost reduction hingga penyelesaian proyek melalui Monitoring and Controlling of Cost Reduction Program.

4.  PROJECT ACCELERATION – Diskusi dan konsultasi terutama untuk mengatasi keterlambatan proyek agar dapat ditekan semaksimal mungkin atau memastikan kinerja waktu proyek secara optimal tanpa mengurangi waktu dan dengan biaya yang minimal. Diskusi dapat berupa cara membuat schedule yang baik atau scheduling techniques dan bagaimana mempercepat pelaksanaan proyek yang efektif dan efisien (Project Acceleration Methods) dengan teknik schedule compression khusus.

5.  PROJECT QUALITY IMPROVEMENT – Diskusi dan konsultasi bagaimana membuat proyek dapat menghasilkan mutu sesuai target. Diskusi dapat berupa cara membuat quality plan yang baik, teknik quality assurance dan teknik quality control yang efektif.

6.  STRATEGIC PROJECT RISK RESPONSES – Diskusi dan konsultasi terutama untuk memastikan proyek dapat mengatasi risiko-risiko berbahaya dalam pelaksanaannya. Berupa identifikasi risiko dan penilaiannya serta strategi mitigasi risiko yang efektif dan strategis.

7.  PROJECT HUMAN RESOURCE MANAGEMENT – Diskusi dan konsultasi terkait bagaimana membuat struktur organisasi proyek yang efektif dan efisien, membangun tim yang memiliki performa tinggi, memimpin proyek dengan efektif, serta mengembangkan tim proyek terkait kompetensi tim secara kolektif yang diperlukan dalam pelaksanaan proyek

8.  PROJECT CLAIM MANAGEMENT – Diskusi dan konsultasi berupa pemilihan jenis kontrak yang sesuai untuk proyek, penentuan pasal kontrak yang efektif dan balance, pengelolaan klaim dari identifikasi hingga strategi mengatasi klaim yang efektif.

9.  CIVIL ENGINEERING & CONSTRUCTION METHOD for HIGH-RISE BUILDING – Diskusi dan konsultasi berupa teknik struktur pada gedung tinggi termasuk metode efektif pelaksanaannya dengan memperhatikan biaya – mutu – waktu serta problem solving atas permasalahan pelaksanaan proyek.

10.  CONSTRUCTION RESEARCH – Diskusi dan konsultasi atas bagaimana melakukan riset untuk meningkatkan performa design engineering, construction method, construction management, termasuk bagaimana peningkatan performa bisnis konstruksi serta problem solving atas berbagai masalah didalamnya dengan cara riset khusus.

11.  VARIOUS – Diskusi dan konsultasi atas berbagai hal lainnya terkait dengan konstruksi proyek yang sering dihadapi, yaitu :

  • Critical Success Factors (CSF’s) – Bagaimana identifikasi dan strateginya pada suatu proyek agar proyek dapat meningkatkan performanya.
  • Risk Contigency – Bagaimana menghitung cadangan biaya dan waktu terkait adanya risiko-risiko tertentu pada proyek yang sulit untuk dikendalikan
  • Negotiation techniques -Bagaimana menentukan teknik negosiasi yang tepat pada berbagai kondisi
  • Transportation Feasibility – Bagaimana membuat studi kelayakan transportasi terutama untuk pengiriman heavy cargo
  • Climate forecasting – Bagaimana memprediksi cuaca sepanjang durasi proyek dengan akurasi lebih baik dengan menggabungkan beberapa teknik dan data

Adapun cara untuk dapat berdiskusi dan konsultasi dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Menyampaikan identitas dan maksud konsultasi
  • Mendeskripsikan dengan singkat dan jelas permasalahan yang akan dikonsultasikan
  • Komunikasi awal via email suanda.bs@gmail.com yang dapat dilanjutkan dengan tatap muka jika diperlukan sesuai dengan kompleksitas masalah atau bahan diskusi
  • Apabila diperlukan diskusi tatap muka, maka dilakukan setelah jam kerja

B. TRAINING – WORKSHOP – GUEST LECTURE

Bagi yang membutuhkan training terkait dengan manajemen proyek yang bersifat pendekatan teori dan praktik / best practice, berikut adalah beberapa training yang dapat diberikan :

  • GENERAL PROJECT MANAGEMENT – Berupa semua knowledge area manajemen proyek yaitu : Scope Management, Time Management, Cost Management, Quality Management, Human Resource Management, Communication Management, Risk Management, Procurement Management, Stakeholder Management, dan Integration Management. Jika dikehendaki dapat sebagian knowledge area. Training akan disertai workshop agar peserta dapat langsung menguasai praktiknya. Materi training akan dilengkapi dengan best practice berdasarkan pengalaman melaksanakan proyek.
  • CONSTRUCTION PROJECT MANAGEMENT – Berupa seluruh materi general project management dan ditambah dengan safety management, environmental management, finance management, dan claim management. Training akan disertai workshop agar peserta dapat langsung menguasai praktiknya. Materi training akan dilengkapi dengan best practice berdasarkan pengalaman melaksanakan proyek.
  • STRATEGIC CONSTRUCTION COST REDUCTION – Training ini memberikan intisari pengetahuan yang merupakan best practice atas berbagai pengalaman melaksanakan dan menghasilkan proyek2 yang berkinerja biaya tinggi. Dalam training akan diperkenalkan berbagai tools yang penting untuk mendapatkan efisiensi biaya tinggi. Materi training akan dilengkapi dengan workshop yang disertai dengan contoh-contoh strategi cost reduction berdasarkan pengalaman mengerjakan proyek sehingga akan memberikan gambaran lebih jelas akan manfaatnya.
  • CONTRACT ADMINISTRATION – Training ini terutama akan memberikan berbagai strategi kontraktual yang efektif dalam pelaksanaan proyek.

Untuk permintaan konsultasi dan training, dapat menghubungi via suanda.bs@gmail.com. Semoga dapat memberi manfaat dan ikut mendukung kemajuan konstruksi Indonesia. Salam