Innovations Gallery

Berikut adalah daftar seluruh karya inovasi yang telah dibuat dan dilaksanakan baik secara individu maupun sebagai anggota team. Sebagian karya inovasi ini merupakan pengembangan hasil kajian / riset yang dilakukan yang ada pada page RESEARCH GALLERY dan telah ditulis pula dalam bentuk artikel pada page HOME.

  1. Creative Challenge 2020 – Merupakan inovasi fitur pada platform knowledge centre (KC) yang berisi tantangan inovasi / teknologi / value engineering (VE) pada case riel yang terjadi di proyek konstruksi yang dapat dijawab oleh seluruh karyawan dan diresponse secara interaktif sehingga mempercepat proses penciptaan value baru bagi perusahaan. Inovasi ini masih dalam proses konsep.
  2. Knowledge Centre (KC) Awards 2020 – Merupakan suatu kompetisi khusus yang bertujuan untuk mempercepat proses dokumentasi knowledge terapan yang terbukti bermanfaat yang tersebar pada masing-masing karyawan secara individual yang diharapkan akan dapat digunakan secara bersama-sama oleh seluruh karyawan yang membutuhkan. Sehingga mempercepat proses percepatan peningkatan kompetensi karyawan.
  3. Pro-Share 2020 – Merupakan inovasi management tools yang berupa acara sharing kepada para project manager sebagai pimpinan eksekutor di proyek / unit bisnis dimana bertujuan untuk meningkatkan implementasi value baru perusahaan melalui kegiatan sosialisasi dan diskusi yang lebih interaktif, mudah, dan dengan jangkauan yang jauh lebih besar karena pelaksanaan basis online
  4. Ex-Plore 2020 – Merupakan inovasi management tools yang berupa acara diskusi pengembangan kepada para senior management sebagai pimpinan unit bisnis dimana bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengembangan baru perusahaan melalui kegiatan paparan produk pengembangan yang lebih interaktif, mudah, dan dengan jangkauan yang jauh lebih besar karena pelaksanaan basis online
  5. ToPP Gun 2020 – Merupakan inovasi tools management terutama pada knowledge management (KM) dimana berupa fitur pada platform KM yang berisi seluruh strategi, inovasi, dan teknologi yang berpotensi meningkatkan kinerja pada proyek konstruksi basis WBS sehingga mudah digunakan dan mampu menjadi pemicu ide inovasi baru.
  6. Standart Design Barak Pekerja Konstruksi Pada Pandemi Covid-19 2020 – Inovasi berupa produk design barak pekerja proyek konstruksi yang dapat meminimalkan penyebaran infeksi Covid-19 dengan penerapan prinsip menjaga jarak (physical distancing), kemudahan cuci tangan, ventilasi yang lebih baik, dan pencahayaan yang lebih baik.
  7. Software Optiwaste V2 PP Urban 2019 – Merupakan software hasil pengembangan Optiwaste V1 dimana ditanamkan dua jenis algoritma terbaik yang paling sesuai dan dengan penambahan fitur Bar Bending Schedule (BBS) serta peningkatan fitur security.
  8. Konsep Design Kawasan Hunian Terjangkau Basis Hutan PP Urban 2018 – Inovasi ini merupakan inovasi design kawasan pada hunian apartemen terjangkau yang basis kondisi hutan alami kota eksisting yang dipertahankan untuk kelestarian lingkungan. Merupakan satu2nya kawasan apartemen hunian terjangkau dengan lingkungan hutan alami di Indonesia.
  9. Software Optiwaste V1 PP Urban 2018 – Merupakan software hasil pengembangan SOWB yang dapat digunakan untuk optimasi waste pada seluruh material konstruksi dimensi satu dan lebih mudah dan cepat digunakan.
  10. Urban Bizhub PP Urban 2018 – Merupakan suatu model konsep fasilitas khusus di kawasan hunian terjangkau yang terdiri atas beberapa fungsi yang meng-elaborasi penghuni dengan pihak tertentu yang bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas membayar cicilan oleh penghuni secara bertahap. Merupakan pengembangan konsep economy sharing.
  11. Konsep Economy Sharing di Kawasan Hunian Affordable Housing PP Urban 2018 – Merupakan suatu model / konsep peningkatan kapabilitas dalam membayar cicilan oleh penghuni dengan memanfaatkan prinsip economy sharing secara internal kawasan hunian terjangkau.
  12. Prosedur Pembuatan Materi Proposal dan Presentasi Beauty Contest Pada Mega Proyek NYIA 2017 – Inovasi ini merupakan inovasi management tools yang bermanfaat dalam meningkatkan competitiveness saat tender mega proyek yang umumnya dengan beauty contest.
  13. Model Design Paling Efisien High-Rise Building Affordable Housing PP Urban 2017 – Merupakan suatu model design apartemen terjangkau yang sangat efisien namun tetap memenuhi kriteria aturan / code yang berlaku. Model design terdiri atas design arsitektur, struktur, dan ME.
  14. Fast Land Assessment PP Urban 2017 – Merupakan suatu metodologi khusus mengkaji kelayakan lahan untuk proyek hunian yang mengacu pada prinsip-prinsip utama kelayakan lokasi property yang khusus untuk hunian terjangkau high-rise.
  15. Standarisasi metodologi dan format isi kajian kelayakan untuk proyek affordable high rise PP Urban 2017 – Merupakan suatu standart metodologi yang dilengkapi format khusus dalam melakukan kajian kelayakan proyek hunian high rise yang terjangkau. Standart ini hasil kajian pada berbagai standart kajian yang dilakukan oleh berbagai konsultan yang disesuaikan dan dipermudah sesuai kebutuhan dan kondisi yang ada.
  16. Formulasi perhitungan kebutuhan tenaga kerja konstruksi proyek gedung 2016 – Inovasi berupa formula khusus dalam menghitung jumlah tenaga kerja pada proyek konstruksi gedung basis luas bangunan yang diturunkan dari tingkat produktivitas pada tiap pekerjaan utama proyek gedung.
  17. Konsep dan rincian kegiatan proses pada standar project manajemen 2016 – Merupakan suatu konsep berupa rincian kegiatan yang merupakan turunan atas berbagai proses yang ada pada standart project management yang dapat memudahkan dalam memahami dan melaksanakan berbagai proses tersebut.
  18. Rekomendasi konsep strategic project management 2016 – Merupakan suatu model / konsep perencanaan rencana stratejik proyek dalam mencapai kinerja utamanya.
  19. Konsep pengambilan keputusan atas project constraints dilemma 2016 – Merupakan suatu konsep modifikasi atas proses pengambilan keputusan di proyek dimana terjadi dilema konstrain utama proyek.
  20. Konsep manajemen inovasi pada perusahaan konstruksi 2016 – Merupakan suatu model / konsep pengelolaan inovasi pada perusahaan konstruksi
  21. Konsep pemanfaatan model The Lewis dalam pengembangan strategi stakeholder untuk project management 2016 – Inovasi yang mengacu pada konsep / model The Lewis yang mengklasifikasikan karakter penduduk dunia dalam 3 kelompok besar. Hasil klasifikasi tersebut diturunkan ke dalam analisis karakter stakeholder utama yang dibutuhkan pada pelaksanaan proyek konstruksi internasional dimana melibatkan pelaksana konstruksi luar Indonesia.
  22. Strategic Construction Cost Reduction (SCCR) 2015 – Merupakan suatu model atau framework khusus bagi proyek konstruksi dalam melakukan proses cost reduction dengan hasil yang cukup signifikan menaikkan kinerja biaya proyek.
  23. Metode Perhitungan Batas Nilai Kontrak Minimum Untuk Mencapai Target Kinerja Perusahaan Konstruksi 2015 – Inovasi ini berupa suatu metode perhitungan dengan formula khusus dalam menentukan batas nilai kontrak minimum yang dapat diikuti tendernya oleh perusahaan konstruksi terkait batasan SDM dan target kinerja.
  24. Metode Perbaikan Jalan Tanah Clay (CH) Proyek PLTMG Bangkanai 2014 – Inovasi ini merupakan kombinasi antara produk dan metode pelaksanaan perkuatan tanah Clay di tengah kalimantan yang terkenal sulit untuk diperkuat. Perkuatan dilakukan dengan memperhatikan kondisi sekitar jalan tanah. Pada kondisi yang sangat parah dilakukan kombinasi antara beberapa metode perkuatan tanah termasuk secara kimiawi.
  25. Pondasi Gas Engine Dengan Struktur Kayu Log – Proyek PLTMG Bangkanai 2014 – Inovasi produk ini berupa design pondasi dudukan sementara gas engine di lokasi transit dekat dermaga. Pondasi berupa sisa kayu log yang banyak di sekitar lokasi dermaga dimana material pembuatan beton cukup langka karena berada di tengah hutan.
  26. Metode Rolling on Barge Pada Gas Engine Proyek PLTMG Bangkanai 2014 – Merupakan inovasi metode pemindahan gas engine dari atas tongkang ke dermaga dimana dengan posisi gas engine yang tanpa dudukan tumpuan dan dengan deck strength tongkang terbatas hanya 5 ton / m2
  27. Konsep Modifikasi jembatan kayu untuk heavy cargo Proyek PLTMG Bangkanai 2014 – Inovasi produk ini berupa redesign jembatan kayu bentang panjang dengan prinsip counter-weight pada kedua sisi abutment dan pada beban serta dengan pemendekan bentang jembatan. Jembatan kayu hasil redesign mampu dilewati oleh beban hingga +/- 200 ton.
  28. Konsep dan methodology Dermaga heavy cargo pada tanah sangat lunak Proyek PLTMG Duri 100 MW 2013 – Merupakan inovasi produk design dermaga sementara pada tanah sangat lunak namun mampu dilewati oleh gas engine sangat besar (total 400 ton). Pondasi dermaga berupa tiang pancang yang tidak dipancang (karena khawatir getaran yg merusak) dimana dengan tekanan kepala backhoe. Pondasi tersebut diikat dengan sistem sloof dari baja profil IWF. Sistem pondasi juga berupa kumpulan kayu yang dirakit khusus untuk penyebaran beban yang baik.
  29. Kelayakan transportasi cargo (CDF) terkait kondisi cuaca Proyek PLTMG Bangkanai 2014 – Merupakan inovasi dalam merencanakan metode pengiriman berbagai alat dan material konstruksi proyek pembangkit listrik skala besar ke lokasi remote area yang sangat menantang (Bangkanai – Kalteng).
  30. Forecasting Metodology Cuaca Untuk Kepastian Elevasi Air Sungai yang Memadai Dilewati Tongkang Gas Engine 2013 – Merupakan inovasi metodologi peramalan cuaca berdasarkan data historis dan perkembangan kondisi cuaca terkini. Metodologi ini berperan dalam prediksi ketinggian muka air sungai yang dalam proyek ini digunakan sebagai media pengiriman gas engine besar via tongkang.
  31. Coupling Cerucuk Untuk Pondasi Cerucuk Pada Tanah Clay (Hard) Proyek PLTMG Duri 2013 – Inovasi teknik coupling dilakukan karena kondisi tanah yang cukup keras dalam pembuatan dermaga sementara. Dua tiang kayu cerucuk diikat dengan kawat pada beberapa titik dimana dilakukan penajaman pada ujung kedua tiang untuk memudahkan proses pemancangan.
  32. Strategi-strategi operasional konstruksi proyek dalam penghematan BBM 2013 – Kumpulan strategi operasi yang melibatkan peralatan konstruksi dimana memperhatikan karakteristik fuel consumtion genset
  33. Prinsip Disain Site Installation yang Hemat BBM 2013 – Prinsip design perletakan alat dan bangunan penunjang pada site installation yang lebih hemat BBM dimana memperhatikan jarak TC dengan material, panjang instalasi listrik, dll.
  34. Model Peramalan Kurs Pairing EURIDR Untuk Momentum Hedging Proyek PLTMG Duri 2013 – Saat akan mengambil keputusan atas momentum hedging atas pembelian mesin pembangkit besar diperlukan suatu prediksi / forecast atas perkembangan kurs di masa beberapa bulan ke depan. Model peramalan dilakukan dengan analisis regresi berdasarkan data historis yang divalidasi dengan analisis teknikal. Model peramalan ini sukses dengan akurasi +/-99,6%. Terjadi efisiensi sangat besar saat melakukan hedging pada momentum yang tepat dibandingkan dengan tidak melakukan hedging.
  35. Framing / Modul Perancah Untuk Percepatan Proses Bekisting Proyek RSUD Kanujoso, Balikpapan 2011 – Perancah bekisting diikat dalam modul tertentu sesuai kebutuhan dimana proses pemasangan dan pembongkarannya mengikuti modul tersebut. Ini bertujuan untuk mempercepat proses pemasangan dan pembongkaran perancah.
  36. Metode Penentuan Kedalaman Tiang Pancang dengan Test Pile dan Interpolasi Proyek RSUD Kanujoso, Balikpapan 2011 – Inovasi metode penentuan kedalaman tiang pancang untuk mengurangi tingkat waste tiang pancang yang umumnya cukup besar. Dilakukan beberapa test pile pada jaring kolom secara selang seling untuk mendapatkan kedalaman tanah keras aktual. Kedalaman tanah keras lainnya dilakukan secara interpolasi.
  37. Model Assessment Penentuan Strategi Mengatasi Konflik di Proyek, 2011 – Inovasi ini berupa suatu form penilaian atas deskripsi situasi dan strategi mengatasi konflik pada proyek konstruksi yang direkomendasikan berdasarkan berbagai referensi. Form penilaian akan memudahkan tiap pelaku konstruksi dalam menentukan strategi mengatasi konflik.
  38. Software Optimasi Waste Besi (SOWB) 2007 – Software dilakukan basis macro excel untuk mendapatkan pola pemotongan besi tulangan yang menghasilkan tingkat waste paling kecil / efisien.
  39. Metode Pengendalian Terhadap Kecurangan Takaran Pembelian BBM Solar Proyek the Bellezza, Jakarta 2005 – Metode sederhana menguji akurasi jumlah pengiriman solar ke proyek melalui mobil tangki. Metode dengan menuangkan solar yang datang ke sejumlah drum yang memiliki kapasitas volume yang sama.
  40. Disain Perkuatan Pondasi TC dan Metode Erection TC Besar Pada Pondasi TC Eksisting (Kecil) Proyek the Bellezza, Jakarta 2004 – Disain khusus pilecap pondasi TC besar dengan pondasi dalam yang diperhitungkan untuk TC kecil dimana dilakukan pengurangan momen maksimum pondasi dengan cara erection TC pada batas maksimum sesuai kapasitas pondasi dalam eksisting. TC lalu dilakukan tie-ins pada struktur atas podium yang sudah ada. Selanjutnya dilakukan pekerjaan erection lanjutan.
  41. Program / aplikasi Perhitungan Biaya Tak Langsung (BTL) standart untuk perhitungan Tender 2003 – Perhitungan Biaya Tak Langsung (BTL) membutuhkan waktu yang lama karena sangat banyaknya elemen biaya yang harus dihitung. Pembuatan program perhitungan dalam bentuk excel ini sangat mempercepat durasi perhitungan dari semula 8 jam (excel tanpa programming) menjadi 1-2 jam (excel dengan full programming).
  42. Metode Pembongkaran Bekisting Pelat Lantai Dalam 24 jam Proyek Kantor Taman E.33, Jakarta 2003 – Metode ini merupakan suatu uji coba atas perhitungan teoritis dimana bekisting pelat lantai dapat dibongkar pada umur beton 24 jam. Inovasi ini dilakukan dengan membuat jalur khusus shoring yang tidak ikut dibongkar saat pembongkaran bekisting pelat lantai.
  43. Software Evaluasi Mutu Beton Berdasarkan ACI 318-02 Proyek Kantor Taman E.33, Jakarta 2003 – Analisis penerimaan beton uji di proyek dengan jumlah silinder yang cukup banyak akan cukup menyita waktu jika dilakukan secara manual. Pembuatan software basis excel dengan mengacu code ACI 318-02 dimana penerimaan mutu beton dilakukan secara otomatis dalam program excel. Software mampu mempercepat proses analisis sehingga menghemat waktu / meningkatkan produktivitas pekerjaan engineer / QC.
  44. Tangga Precast Proyek Rusun Cakung Jakarta, 2003 – Inovasi ini dilakukan dengan memperhatikan jumlah tangga yang cukup banyak pada pekerjaan rusun dan typical. Tangga dibuat 2 bagian lengkap dengan anak tangga yang dicetak secara off-site dekat area pemasangan sedemikian alat tower crane diperhitungkan mampu mengangkat berat tangga precast tersebut. Terjadi penghematan waktu dan biaya yang cukup signifikan.
  45. Balok Lengkung Precast Proyek Kantor Taman E.33 Jakarta, 2003 – Inovasi dilakukan karena balok lengkung atap memiliki tingkat kesulitan tersendiri jika dilakukan secara konvensional. Inovasi dilakukan dengan mencetak balok lengkung secara off-site dekat lokasi secara utuh (tidak segmental).
  46. Formula Perhitungan Kapasitas Momen Balok Precast U-Shell Setelah Pengecoran Precast Proyek Hypermarket Maspion Surabaya 2002 – Formula kapasitas momen balok didapat dengan memperhitungkan kapasitas momen balok precast U-Shell dengan ditambah kapasitas momen struktur pengisi pada balok precast U-Shell. Perhitungan dengan asumsi pengasaran permukan beton precast U-Shell dan shear connector berfungsi. Perhitungan ini dilakukan untuk memastikan masa angkat optimum balok precast U-Shell setelah pengecoran pada bagian sisi kosong balok precast tersebut.
  47. Talang Air Precast Proyek RSUD Madiun, 2001 – Merupakan perubahan design pekerjaan talang air hujan yang semula konvensional menjadi talang air precast. Perubahan dilakukan karena bentuk talang cukup besar dan berada di ketinggian (atap lantai 2) dimana akan butuh cukup banyak perancah jika dilakukan secara konvensional. Talang air dibuat segmental yang ditopang dengan balok kantilever tambahan dengan roof drain tiap panel talang air precast.
  48. Sunscreen Precast Proyek RSUD Madiun, 2001 – Merupakan perubahan pelaksanaan pekerjaan sunscreen gantung yang semula dikerjakan secara konvensional menjadi precast.