Kemampuan bersaing dan kinerja proyek akan bertumpu pada seberapa efektif sistem manajemen proyek pada perusahaan jasa konstruksi. Hal ini karena faktor sukses kritis kemampuan manajemen proyek merupakan faktor utama kemampuan bersaing seperti yang terlihat pada Tabel di bawah, dimana terdapat delapan faktor kritis bagi perusahaan jasa konstruksi untuk dapat bersaing dengan baik pada era globalisasi.

Keseluruhan faktor kritis tersebut sangat penting untuk diperhatikan dan dijadikan pertimbangan dalam menentukan langkah-langkah strategis oleh perusahaan jasa konstruksi di Indonesia pada era MEA. Dengan mempertimbangkan kondisi project management maturity perusahaan jasa konstruksi di Indonesia yang masih rendah dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya, maka faktor utama ini tentu harus menjadi prioritas.

Critical Success Factors (CSF’s) Daya Saing Kontraktor

Berdasarkan berbagai referensi, untuk siap dalam menghadapi persaingan yang tinggi pada masa pemberlakuan MEA, industri jasa konstruksi harus meningkatkan daya saing (competitiveness) yang dengan melaksanakan beberapa langkah yang strategis yang direkomendasikan – yang merujuk pada Tabel di atas, yaitu :

Peningkatan kompetensi manajemen proyek konstruksi – Hal ini untuk diimplementasikan terutama pada site management, cost management, quality management, time management, contract management, dan risk management, serta supply chain management. Peningkatan kompetensi dapat dilakukan dengan cara peningkatan kualitas pelatihan manajemen proyek dan sertifikasi.

Peningkatan project management maturity level – Peningkatan ini harus dilakukan di tingkat  organisasi pada perusahaan jasa konstruksi secara konsisten.

Optimasi struktur organisasi – Memperbaiki struktur organisasi proyek dan perusahaan konstruksi yang lebih efektif namun ramping agar efisien dan sesuai dengan kebutuhan industrinya seperti penerapan organisasi spesialisasi untuk meningkatkan kompetensi dan efisiensi.

Meningkatkan kapasitas sumber daya – Hal ini terutama bagi perusahaan jasa konstruksi khususnya sumber daya manusia dengan berbagai mengikuti berbagai sertifikasi yang dibutuhkan dan peningkatan aktivitas dan kualitas pelatihan.

Meningkatkan kemampuan berinovasi – Kemampuan inovasi dapat meningkat dengan membuat sistem manajemen inovasi yang handal pada perusahaan jasa konstruksi secara kolaboratif dengan berbagai pihak seperti kampus dan vendor.

Meningkatkan kualitas business process – Hal ini bertujuan agar proses bisnis dapat lebih efektif dan efisien seperti menggunakan aplikasi ERP (Enterprise Resources Planning) yang sesuai dan terbukti aplikatif untuk perusahaan jasa konstruksi.

Peningkatan kapasitas modal – Diperlukan peningkatan kemampuan sumber daya keuangan dengan berbagai cara seperti mendapatkan modal murah dengan Initial Public Offering (IPO), right issue, penerbitan obligasi, dan strategi keuangan lainnya.

Menjalankan strategi daya saing spesifik – Strategi ini harus tepat yang sesuai dengan situasi perusahaan dan kondisi industri konstruksi Indonesia.

Collaborative – Langkah ini dilakukan dengan meningkatkan hubungan yang kolaboratif dan saling menguntungkan dengan berbagai pihak seperti pemilik, subkontraktor, supplier, pemerintah, dan publik. Sebagai contoh adalah membuat kerja sama jangka panjang yang strategis (long-term strategic partnership) dengan vendor, pelatihan tenaga kerja untuk lebih trampil, dan strategi lainnya.

Meningkatkan strategi bidding – seperti penerapan front-end loading pada kasus tertentu yang dinilai sesuai dan strategi lainnya.

Meningkatkan kemampuan marketing – Langkah ini dilakukan dengan mendapatkan akses informasi yang lebih baik, riset intelligent marketing atau riset prediksi proyek potensial yang lebih intensif dan akurat, dan strategi lainnya.

Meningkatkan kemampuan teknologi – Teknologi memungkinkan konstruksi yang lebih baik dimana lebih efisien, lebih cepat, dan dengan mutu yang baik.

Referensi : Buku Advanced and Effective Project Management

Untuk melihat daftar artikel ⇒ Table of Content, dan konsultasi Project Management ⇒ Konsultasi. Daftar karya ada pada ⇒ Innovation Gallery, dan daftar riset pada ⇒ Research Gallery

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AlphaOmega Captcha Classica  –  Enter Security Code