Piramida Mesir ( Khufu Pyramid ) : Keistimewaan, Sejarah dan Kesempurnaan Design

Piramida Mesir Khufu (Khufu Pyramids) sungguh mengagumkan. Bangunan kuno yang menyimpan pemikiran cerdas ini memiliki design arsitektur dan sipil serta metode konstruksi yang maju ini ternyata pemegang rekor bangunan tertinggi dunia selama sekitar 3800 tahun.

 

Piramida Di Mesir ( Egytian Pyramid )

Mesir memiliki sekitar 118 piramida dengan berbagai ukuran. Di antaranya terdapat lebih 30 piramida yang berukuran besar. Lokasi piramida tersebut umumnya berada di jalur sungai Nil (river Nile) yang menunjukkan peran sungai ini dalam pembangunan piramida di Mesir.

 

Peta Piramida Mesir ( Egyptian Pyramid )

Di Giza terdapat kompleks piramida yang menyimpan banyak sekali keajaiban dimana yang terbesar adalah piramida Khufu. Piramida inilah yang paling terkenal dan menunjukkan tingginya peradaban Mesir saat itu.

 

Peta lokasi piramida Khufu di Kompleks piramida Giza

 

Keistimewaan Piramida Khufu

Bangunan ini bukanlah sembarang bangunan kuno. Ukurannya yang fantastis untuk ukuran bangunan di jamannya telah menghasilkan banyak misteri dan juga keistimewaan yang menunjukkan kemajuan peradaban Mesir pada masa itu. Berikut adalah beberapa keistimewaan Piramida Khufu.

  • Piramida mesir (Khufu) yang merupakan satu dari The famous seven wonders of The Ancient World dan menjadi lambang pada uang 1 Dollar Amerika. Jika dibandingkan dengan Empire State Building di New York, piramida atau piramida ini lebih besar 30 kali lipat dan bahkan bisa terlihat dari bulan.

 

Piramida Khufu

  • Tahun 1880, bapak arsitektur modern yakni William F menuturkan bahwa teknik pengamatan yang begitu akurat, pembuat bangunan di luar dugaan bisa menjaga keakuratan super tinggi di atas bangunan yang besar ini. Sebab toleransinya hanya 1.5 inci (3.8 cm), meski bangunan modern sekalipun juga sulit menyamainya. Ilmuwan memperkirakan bahwa jika hendak mencapai taraf teknik tinggi seperti piramida besar ini sedikitnya butuh evolusi ribuan tahun.
  • Dibangun dengan memasukkan unsur astronomi dimana piramida ini merupakan bagian dari konsep sabuk Orion. Tiga piramida Giza (salah satunya Khufu) memiliki jarak antar piramida yang sangat akurat terhadap posisi 3 bintang sabuk Orion (bintang Alnitak, Alnilam, dan Mintaka). Akurasi sudut hanya meleset 0,1364 derajat.

 

Kompleks Piramida Giza

 

Kompleks Piramida Giza dan Sabuk Orion

  • Memiliki kesejajaran pada empat arah mata angin. Penyimpangan ke arah utama hanya 1/12 derajat. Padahal pada masa itu belum ada kompas yang baru ditemukan pada tahun 1500 Masehi.
  • Jarak antara empat sisi dasar memiliki korelasi dengan lingkaran bumi
  • Perimeter piramida dalam inchi adalah jumlah hari dalam 100 tahun (36.542 hari)
  • Rasio antara panjang perimeter dasar dan tinggi piramida adalah 3,14 atau nilai phi dalam matematika.
  • Temperatur di dalam piramida berada dalam kondisi tetap yaitu 68º F atau sama dengan temperatur internal bumi.
  • Struktur Piramida sangat rumit. Terdapat lorong dari ruang makam ke langit yang dibuat sangat lurus sempurna.

 

Denah piramida Khufu

  • Patung sphinx yang berada di dekat piramida Khufu dibangun jauh sebelum piramida khufu dibangun (10.000 – 11.000 SM)
  • Merupakan piramida tertinggi yang ada di Mesir yang totalnya sekitar 118 piramida. Piramida Khufu memegang rekor sebagai bangunan tertinggi di dunia selama hampir 3800 tahun dan rekor terpecahkan ketika Menara Eiffel selesai dibangun pada 1889 dengan tinggi 324 m.

 

Perbandingan piramida Mesir dengan beberapa bangunan tinggi lain


Sejarah Piramida

Piramida Khufu (Cheops) yang berada di Giza, yang merupakan piramida yang terbesar dari lebih 30 piramida besar lainnya. Piramida ini merupakan bangunan makam Pharaoh Khufu (Cheops) yang memerintah dari 2551 SM – 2528 SM. Raja Khufu adalah Firaun kedua dari Dinasti keempat yang mewarisi tahta saat berusia dua-puluh tahunan. Pada usia muda, Raja ini sudah mempunyai rencana besar yaitu membangun makammya sendiri. Khufu inilah yang kemudian menjadi Firaun pertama yang membangun sebuah piramida di Giza dan memulai suatu periode pembangunan monumen yang mampu bertahan hingga ribuan tahun.

 

Gambar Osiris – Raja Orang Mati

Versi lain menyebutkan bahwa penduduk Mesir kuno percaya bahwa ketika Fir’aun meninggal, ia akan menjadi Osiris (Raja Orang Mati). Sebagian roh Fir’aun yang meninggal disebut juga Ka, dipercaya masih tetap berada di tubuh jasmaniya sehingga mayat Fir’aun harus dijaga dengan baik agar bisa menjalankan tugas sebagai Raja orang-orang mati. Oleh karena itu, mayat Fir’aun yang telah mati harus segera dimumikan dan untuk melindunginya, orang Mesir membangun kuburan megah yang berbentuk piramida.

 

Design Piramida

Piramida Khufu adalah piramida yang terbesar. Dibangun selama 23 tahun. Sejarawan Yunani bernama Herodotus menyebut bahwa masa persiapan pembangunan adalah 10 tahun dan pelaksanaan pembangunan adalah 20 tahun. Adapun design piramida ini adalah sebagai berikut:

  • Tinggi awal 146,59 m. Saat ini mejadi 138,75 m yang menyusut akibat erosi.
  • Lebar sisi tapak 230 m
  • Luas tapak 53.065 m2
  • Sudut 51,8º

 

Gambar Dimensi Piramida Khufu

  • Altitude 60 m di atas permukaan laut
  • Terbuat atas susunan batu yang dipasang secara vertikal sebanyak 210 lapis. Jumlah batu 2.500.000 dengan ukuran rata-rata batu sekitar 1,27 x 1,27 x 0,71 m atau volume 1,145 m3. Jenis batu yang digunakan terbanyak adalah limestone lalu yang lain adalah granit (untuk interior seperti King’s Chamber) dengan berat jenis batu sekitar 2,6  – 2,9 ton/m3
  • Berat total piramida adalah sekitar 6,5 juta ton sehingga tekanan tanah yang terjadi adalah sekitar 12 kg/cm2.

 

Gambar Susunan Batu Piramida Khufu

 

 

 

 

 

 

Did you like this? Share it:
This entry was posted in International and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Piramida Mesir ( Khufu Pyramid ) : Keistimewaan, Sejarah dan Kesempurnaan Design

  1. Kembali lagi semua karna Allah gan :) mungkin aja nanti ditemuin lagi kastil nabi sulaeman?? atw sejarah lainnya??? kalo udah terucap kata kun fa ya kun, semua bisa terjadi… postingan yang menarik, visit juga http://www.ipb.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>