Terdapat beberapa masukan dalam melakukan proses ini berdasarkan standar PMBOK 5th Edition. Komponen beserta definisi atau rincian atau penjelasan singkat serta fungsi utama terkait diberikan pada Tabel di bawah ini :

Masukan Proses Pengurutan Aktivitas

Rincian dan penjelasan atas beberapa aset-aset proses organisasi yang dapat mempengaruhi proses pengurutan aktivitas adalah sebagai berikut :

  • File proyek – File terkait penjadwalan proyek sebelumnya termasuk lesson learned.
  • Kebijakan, prosedur, dan pedoman – Seperti metodologi penjadwalan yang dipertimbangkan dalam mengembangkan hubungan yang logis antar aktivitas.
  • Templates

Dalam melakukan proses ini terdapat beberapa alat dan teknik berdasarkan standar PMBOK 5th Edition yang dapat digunakan. Rincian alternatif beserta definisi dan tujuan serta rekomendasi aplikasinya diberikan pada Tabel berikut :

Alat dan Teknik Proses Pengurutan Aktivitas

Penjelasan-penjelasan tambahan berikut contoh atas alat dan teknik yang ada pada tabel di atas, disampaikan sebagai berikut :

Precedence Diagramming Method (PDM) – Alat ini mengkategorikan aktivitas-aktivitas sebagai aktivitas pendahulu (predecessor) dan aktivitas berikutnya (successor) dimana keduanya dihubungkan secara logis atas jenis ketergantungannya. Jenis-jenis hubungan logis dapat dilihat pada artikel xyz

Penentuan Ketergantungan – Ketergantungan terbagi atas empat tipe yang berdasarkan dua kondisi yaitu tingkat keharusan dan sumber ketergantungan yaitu :

  • Ketergantungan wajib (Mandatory dependencies) – Ketergantungan wajib dapat karena hukum atau kontrak atau melekat pada sifat pekerjaan. Disebut juga hard logic. Contoh pekerjaan pile cap hanya boleh dilakukan jika telah dilakukan test PDA pada pondasi dalam.
  • Ketergantungan diskresioner (discretionary dependencies) – Ketergantungan yang pada dasarnya memiliki beberapa opsi namun digunakan yang merupakan best practice atau yang lebih diinginkan. Disebut juga soft logic. Contoh pemasangan keramik lantai dilakukan setelah semua pekerjaan plafond dan dinding selesai. Pemasangan keramik dapat lebih dulu sebelum penutup plafond ditutup dimana keramik harus diproteksi
  • Ketergantungan eksternal – Ketergantungan dengan kegiatan di luar proyek. Contoh pengujian mesin pembangkit tergantung kondisi kesiapan jaringan listrik di luar proyek.
  • Ketergantungan internal – Ketergantungan antar aktivitas proyek itu sendiri. Contoh adalah pemasangan kusen setelah bukaan kusen selesai.

Leads and Lags – Leads adalah sejumlah waktu antara suatu aktivitas dapat lebih dulu kerjakan atas kondisi idealnya. dimana aktivitas penggantinya dapat maju sehubungan dengan kegiatan pendahulunya. Leads dilambangkan dengan tanda negatif atas jenis hubungan finish-to-start (FS) dengan rumus :

FS – X, dimana X adalah nilai leads.

Contohnya adalah pekerjaan pagar dapat dikerjakan 21 hari sebelum pembangunan rumah selesai (FS – 21 days).

Lags adalah sejumlah waktu antara suatu aktivitas dapat mundur dikerjakan dari kondisi idealnya. Lags dilambangkan dengan tanda positif atas jenis hubungan start-to-start (SS) dengan rumus :

SS + X, dimana X adalah nilai lags.

Contohnya adalah pekerjaan pemasangan curtain wall dapat dilakukan 30 hari setelah pekerjaan struktur atas gedung bertingkat dimulai (SS + 30 days)

Sebagian besar hubungan antar aktivitas menggunakan leads dan Lags. Teknik ini terutama    digunakan pada elemen WBS dengan volume menengah dan besar dimana aktivitas dilakukan overlapping untuk tujuan efisiensi waktu.

Proses pengurutan aktivitas berdasarkan standar PMBOK 5th Edition akan menghasilkan suatu Diagram jaringan jadwal proyek. Penjelasannya diberikan pada Tabel berikut ini :

Hasil Proses Pengurutan Aktivitas

Diagram jaringan jadwal proyek umumnya dibuat dengan menggunakan perangkat lunak manajemen proyek yang dapat dibuat untuk keseluruhan proyek atau tiap hasil pekerjaan utama (major deliverables) atau tiap milestone. Dimana disebutkan jenis ketergantungan beserta leads dan lags-nya. Contoh dapat dilihat pada Gambar berikut.

Contoh Diagram Jaringan Jadwal Proyek

Referensi : Buku Advanced and Effective Project Management

Untuk melihat daftar artikel ⇒ Table of Content, dan konsultasi Project Management ⇒ Konsultasi. Daftar karya ada pada ⇒ Innovation Gallery, dan daftar riset pada ⇒ Research Gallery

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AlphaOmega Captcha Classica  –  Enter Security Code