Menurut PMBOK 5th Edition, proses pengurutan aktivitas merupakan proses yang mengidentifikasi hubungan antar aktivitas proyek untuk menentukan sekuensi logis paling efisien atas semua kendala proyek.

Tiap aktivitas harus ditentukan hubungan ketergantungannya dengan satu atau lebih aktivitas yang lain. Penentuan hubungan ketergantungan dapat dengan memperhatikan pada empat jenis hubungan ketergantungan dan empat jenis hubungan logis antar aktivitas yang akan dibahas pada alat dan teknik proses ini.

Adapun rincian dan alur proses pengurutan aktivitas yang berdasarkan pada PMBOK 5th Edition dapat dilihat pada Tabel berikut :

Standar Proses Pengurutan Aktivitas

Proses ini dilakukan berdasarkan metodologi rencana manajemen waktu dan menggunakan acuan proses yang ada dalam aset proses organisasi. Data dan informasi yang akan diproses berasal dari pernyataan lingkup proyek, faktor lingkungan perusahaan dan daftar aktivitas berikut atributnya serta daftar milestone.

Proses pengurutan aktivitas proyek direkomendasikan untuk diuraikan menjadi rangkaian kegiatan-kegiatan untuk memudahkan pemahaman dan implementasi proses ini. Penjelasan rinci tiap kegiatan dibahas secara khusus pada bagian lain pada subbab ini. Kegiatan-kegiatan tersebut adalah :

  1. Penentuan jenis hubungan logis.
  2. Penentuan leads and lags.
  3. Mengintegrasikan hubungan aktivitas-aktivitas antar elemen WBS.
  4. Pembuatan diagram jaringan jadwal proyek.

Proses ini akan menghasilkan diagram jaringan jadwal proyek yang diperlukan pada proses pembuatan jadwal. Hasil lain berupa updating perubahan dan penambahan dokumen proyek.

Referensi : Buku Advanced and Effective Project Management

Untuk melihat daftar artikel ⇒ Table of Content, dan konsultasi Project Management ⇒ Konsultasi. Daftar karya ada pada ⇒ Innovation Gallery, dan daftar riset pada ⇒ Research Gallery

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AlphaOmega Captcha Classica  –  Enter Security Code