Dalam melakukan proses ini terdapat beberapa alat dan teknik berdasarkan standar PMBOK 5th Edition yang dapat digunakan. Rincian alternatif beserta definisi dan tujuan serta rekomendasi aplikasinya diberikan pada Tabel berikut :

Alat dan Teknik Proses Pendefinisian Aktivitas

Penjelasan-penjelasan tambahan berikut contoh atas alat dan teknik yang ada pada tabel di atas, disampaikan sebagai berikut :

  • Dekomposisi – Dalam definisi aktivitas merincikan work package dalam WBS menjadi aktivitas-aktivitas yang lebih kecil dimana lebih memadai untuk perencanaan dan pengendalian. WBS dan WBS Dictionary menjadi masukan utama pada proses ini.
  • Rolling wave planningMerupakan teknik perencanaan yang iteratif dimana perencanaan akan fokus pada proses pendefinisian aktivitas yang segera akan dimulai dan pekerjaan yang masih lama atau belum ditentukan detilnya tidak didefinisikan terlebih dahulu. Teknik ini akan cocok pada proyek yang terdiri atas beberapa paket pekerjaan yang direncanakan bertahap pelaksanaannya.

Proses pendefinisian aktivitas berdasarkan standar PMBOK 5th Edition akan menghasilkan suatu daftar aktivitas beserta atributnya . Penjelasannya diberikan pada Tabel berikut ini :

Hasil Proses Pendefinisian Aktivitas

Atribut aktivitas dapat terdiri atas ID aktivitas, ID WBS, nama aktivitas, deskripsi aktivitas, aktivitas pendahulunya, aktivitas penggantinya, hubungan logis, kebutuhan sumber daya, kendala, asumsi, dan lain-lain. Atribut aktivitas ditambahkan sesuai kebutuhan. Milestone adalah suatu konsep yang menginformasikan titik penting kejadian proyek yang dapat menjadi keharusan kontraktual atau permintaan atau kebutuhan khusus terkait tujuan bisnis maupun teknis yang harus diidentifikasikan pada proses ini. Milestone sama dengan aktivitas, namun tanpa durasi.

Contoh Daftar Aktivitas Proyek dan Atributnya

Referensi : Buku Advanced and Effective Project Management

Untuk melihat daftar artikel ⇒ Table of Content, dan konsultasi Project Management ⇒ Konsultasi. Daftar karya ada pada ⇒ Innovation Gallery, dan daftar riset pada ⇒ Research Gallery

One thought on “Proses Pendefinisian Aktivitas yang Efektif”
  1. […] Penentuan daftar aktivitas tambahan dan atributnya – Merupakan kegiatan yang melengkapi aktivitas pekerjaan berdasarkan kebutuhan metode pelaksanaan. Aktivitas tambahan atau pendukung yang didefinisikan haruslah merupakan aktivitas yang dianggap penting untuk direncanakan dan dikendalikan dimana tingkat pengaruhnya dianggap cukup signifikan bagi proyek secara keseluruhan. Adapun contohnya adalah daftar aktivitas dapat dilihat pada artikel “Proses Pendefinisian Aktivitas yang Efektif“. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AlphaOmega Captcha Classica  –  Enter Security Code