Terdapat beberapa masukan dalam melakukan proses ini berdasarkan standar PMBOK 5th Edition. Komponen beserta definisi atau rincian atau penjelasan singkat serta fungsi utama terkait diberikan pada Tabel di bawah ini :

Masukan Proses Pendefinisian Aktivitas

Tingkat detil aktivitas haruslah optimal. Suatu aktivitas yang terlalu besar akan sulit direncanakan dan dikendalikan. Demikian pula jika suatu aktivitas yang terlalu detil yang berdampak pada kerumitan yang berlebihan dalam perencanaan dan pengendaliannya. Tingkat detil harus menyesuaikan tingkat kebutuhan proyek, peran dalam proyek, dan jenis industri proyek yang dikelola.

Rincian dan penjelasan atas beberapa faktor lingkungan yang dianggap mempengaruhi dalam proses ini adalah sebagai berikut :

  • Budaya dan struktur organisasi – Dapat berupa tingkat kepedulian pada hal-hal detail dan fokus pada efektifitas perencanaan dan pengelolaan jadwal proyek.
  • Database komersial yang dipublikasikan – Dapat berupa database rincian aktivitas standar pada tiap elemen WBS yang sering dikerjakan oleh organisasi.
  • Sistem informasi manajemen proyek – Berupa implementasi sistem informasi manajemen proyek yang dilakukan oleh organisasi atau perusahaan. Adapun contohnya adalah Building Information Modelling (BIM) dan Enterprise Resources Planning (ERP).

Rincian dan penjelasan atas beberapa aset-aset proses organisasi yang dianggap mempengaruhi dalam proses ini adalah sebagai berikut :

  • Informasi historis dan Lesson Learned – Pelajaran masa lalu terkait daftar aktivitas proyek yang pernah dilaksanakan.
  • Standardized processes – Proses terstandar untuk mendefinisikan aktivitas dari berbagai industri.
  • Template – Dapat berupa format khusus untuk mendefinisikan aktivitas.
  • Policy, prosedur, dan petunjuk – Dapat berupa kebijakan, prosedur, dan petunjuk terkait aktivitas perencanaan yang resmi atau tidak, seperti metodologi penjadwalan.

Referensi : Buku Advanced and Effective Project Management

Untuk melihat daftar artikel ⇒ Table of Content, dan konsultasi Project Management ⇒ Konsultasi. Daftar karya ada pada ⇒ Innovation Gallery, dan daftar riset pada ⇒ Research Gallery

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AlphaOmega Captcha Classica  –  Enter Security Code