Manajemen stakeholder yang baik adalah kritis bagi proyek dalam mencapai tujuannya. Manajemen stakeholder akan membantu mendapatkan dukungan stakeholder sebesar-mungkin dimana dampak negatif dari dan ke stakeholder ditekan semaksimal-mungkin agar tidak menghambat proyek. Stakeholder menjadi elemen paling menentukan dalam proyek. Hal ini berarti manajemen stakeholder yang merancang strategi dan mengarahkan semua orang atau pihak tersebut merupakan pengelolaan proyek yang kritis dalam mencapai keberhasilan proyek. Sehingga sering dijumpai pernyataan bahwa mengelola proyek pada dasarnya adalah mengelola manusia yang terkait dengan proyek itu sendiri.

Fokus manajemen stakeholder adalah identifikasi stakeholder dengan tepat dan lengkap termasuk dampak dan ekspektasinya serta mengembangkan strategi mengelola dalam melibatkan stakeholder secara efektif. Agar pengelolaan stakeholder berhasil, maka perlu untuk memahami faktor penting atau critical success factor atas pengelolaan stakeholder tersebut. Terdapat 10 faktor kritis utama dalam pengelolaan stakeholder yang dapat menjadi pedoman dalam pengelolaan stakeholder di proyek (J. Yang et al., 2009), yaitu :

1. Mengelola stakeholder dengan social responsibilities – Termasuk dalam faktor ini adalah bidang ekonomi, hukum, lingkungan, dan etika. Terdapat hubungan yang alamiah antara ide tentang tanggung jawab sosial perusahaan dengan pengelolaan stakeholder.

2. Identifikasi stakeholder yang sesuai – Dengan stakeholder proyek dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan berbagai kriteria, maka dapat diketahui siapa sebenarnya stakeholder pada proyek.

3. Pemahaman interest stakeholderDengan memahami area interest dari stakeholder, maka akan memudahkan dalam mengelola stakeholder. Interest area termasuk K3, integritas laporan keuangan atas produk baru, financial return, dan lainnya.

4. Menggali kebutuhan stakeholder dan kendala pada proyek – Dengan memahami kebutuhan dan kendala atas stakeholder, maka akan memudahkan dalam mendapatkan solusi yang memuaskan dan realistis yang harus diberikan dalam menghadapi permasalahan dalam pengelolaan stakeholder.

5. Prediksi tingkat pengaruh stakeholder secara akurat – Perencanaan dan pelaksanaan pengelolaan stakeholder akan sangat terpengaruh oleh tingkat pengaruh dari stakeholder.

6. Penilaian atribut stakeholder (Kekuasaan, Urgensi, Legitimasi) yang sesuai – Merupakan atribut stakeholder yang paling penting untuk dipahami dalam pengelolaan proyek. Kekuasaan stakeholder akan mempengaruhi penggunaan sumber daya, ketergantungan, dan dukungan pada proyek. Urgensi akan menentukan seberapa cepat respon yang harus dilakukan terhadap stakeholder. Legitimasi merupakan persepsi umum bahwa tindakan-tindakan harus sesuai, desirable dan cocok atau memadai dengan kondisi sosial yang terdiri atas norma, nilai, keyakinan, dan definisi.

7. Analisis konflik dan koalisi diantara stakeholder – Memahami konflik dan koalisi di antara stakeholder merupakan langkah penting dalam pengelolaan stakeholder. Harus dipahami potensial konflik atas perbedaan interest di antara stakeholder yang harus dikelola. Perbedaan ini sering membentuk koalisi di antara stakeholder.

8. Menjaga dan mempromosikan hubungan baik – Hubungan yang sukses antara proyek dan stakeholder adalah vital untuk hasil pekerjaan proyek yang sukses dan memenuhi kebutuhan ekspektasi stakeholder.

9. Formulasi strategi yang sesuai dalam mengelola stakeholder Strategi yang tepat dalam mengelola stakeholder yang sangat beragam sangat menentukan keberhasilan proyek.

10. Mengelola stakeholder dengan komunikasi yang memadai – Pengelolaan stakeholder yang baik memerlukan komunikasi yang sesuai dan dengan frekuensi yang memadai.

Berdasarkan 10 critical success factors di atas, maka tim proyek terutama project manager harus merencanakan strategi khusus dalam proses pengelolaan stakeholder proyek yang menjadi aspek sangat penting dalam kesuksesan proyek.

Referensi : Buku Advanced and Effective Project Management

Untuk melihat daftar artikel ⇒ Table of Content, dan konsultasi Project Management ⇒ Konsultasi. Daftar karya ada pada ⇒ Innovation Gallery, dan daftar riset pada ⇒ Research Gallery

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AlphaOmega Captcha Classica  –  Enter Security Code