Delapan Cara Agar Project Manager Dapat Dipercaya

Project Manager menghabiskan 70% waktunya untuk berkomunikasi dengan orang lain di proyek. Bayangkan jika Project Manager tidak dipercaya. Apapun yang dikatakannya belum tentu akan diterima oleh lawan bicaranya. Sehingga program yang direncanakan oleh Project Manager tidak akan berjalan dengan baik.

 

Pada dasarnya semua orang haruslah dapat dipercaya. Karena dengan dapat dipercaya, tentu lingkungan akan merespon apapun perkataan dan tindakan dengan baik. Project Manager sebagai pemikul tanggung jawab tercapainya target proyek yang memiliki kerumitan tinggi, haruslah sering berkomunikasi kepada stakeholder. Baik kepada pihak eksternal, manajemen, maupun kepada anggota proyek. Suatu survey menunjukkan bahwa project manager menghabiskan wakyu kurang lebih 70% untuk melakukan komunikasi.

Agar komunikasi yang dilakukan efektif, yaitu dapat diterima kebenarannya oleh lawan bicara, project manager harus memiliki sifat dan dinilai dapat dipercaya. Anggota tim proyek pun menginginkan pemimpin proyek yang dapat dipercaya. Anggota tim proyek yang percaya dengan pemimpinnya, bersedia untuk menjadi sasaran atas tindakan sang pemimpin karena mereka percaya bahwa hak dan kepentingan mereka tidak akan disalahgunakan.

Sekarang jelaslah bahwa project manager harus dapat dipercaya dalam rangka komunikasi yang efektif untuk mendukung program yang dilakukan agar dapat menyelesaikan masalah proyek dan mencapai target yang telah ditentukan. Project manager haruslah secara terus-menerus berusaha agar kepercayaan muncul pada dirinya. Bagaimana caranya? Delapan cara agar Project Manager dipercaya adalah:

 

Mempraktekkan keterbukaan

Kebanyakan kecurigaan muncul dari apa yang tidak diketahui orang bukannya dari apa yang diketahui orang tersebut. Keterbukaan menghasilkan keyakinan dan kepercayaan.

 

Bersikap adil

Sebelum mengambil tindakan atau keputusan, pertimbangkanlah cara orang lain akan melihatnya, berdasarkan obyektifitas dan keadilan. Berilah pujian bilamana pantas, bersikaplah obyektif dan tidak memihak dalam penilaian kinerja, dan perhatikan kesamaan persepsi dalam membagikan imbalan.

 

Mengutarakan perasaan

Pemimpin yang hanya menyampaikan fakta keras memberi kesan dingin, jauh, dan tidak peduli. Jika Anda menyampaikan perasaan Anda, orang lain akan melihat Anda sebagai nyata dan manusiawi. Mereka akan tahu siapa Anda dan rasa hormat mereka kepada Anda akan meningkat.

 

Mengungkapkan kebenaran

Apabila kejujuran itu penting bagi kredibilitas, Anda harus dipersepsikan sebagai orang yang menyatakan kebenaran. Orang biasanya lebih toleran karena mengetahui sesuatu yang negatif dari pada menemukan bahwa pemimpin mereka menipu.

 

Menunjukkan konsistensi

Orang menghendaki kemampu—ramalan. Kecurigaan muncul karena tidak mengetahui apa yang diharapkan. Luangkanlah waktu untuk merenungkan nilasi dan keyakinan Anda. Kemudian biarlah nilai dan keyakinan itu secara konsisten membimbing keputusan dan tindakan Anda

 

Memenuhi Janji

Kepercayaan menuntut bahwa orang yakin Anda dapat diandalkan. Penuhilah janji Anda. Janji-janji yang telah dibuat harus merupakan janji yang dipatuhi.

 

Mempertahankan kepercayaan.

Anda mempercayai orang yang bijaksana dan yang dapat Anda andalkan. Jika orang membuat dirinya rentan dari perlakuan buruk setelah memberi tahu Anda sesuatu dengan penuh kepercayaan, orang tersebut harus merasa yakin bahwa Anda tidak akan membicarakannya dengan orang lain atau mengkhianati kerahasiaan itu.

 

Menunjukkan Kompetensi

Kembangkanlah rasa kagum dan rasa hormat kepada orang lain terhadap Anda dengan memperlihatkan kemampuan teknis maupun profesional. Perhatikanlah secara khusus untuk mengembangkan dan mempraktekkan komunikasi, perudingan, dan keterampilan antar-pribadi lain yang efektif. (Referensi : Manajemen, Edisi ke-7, Stephen Robbins and Mary Coulter, 2002)

 

(Untuk berdiskusi dan konsultasi terkait permasalahan Project Management yang sedang dihadapi, silahkan klik – Konsultasi. Untuk melihat lengkap seluruh judul posting, silahkan klik – Table of Content.)
Did you like this? Share it:
This entry was posted in Leadership & Project Manager and tagged , , . Bookmark the permalink.

7 Responses to Delapan Cara Agar Project Manager Dapat Dipercaya

  1. lili says:

    artikelnya bagus, thanks

  2. budisuanda says:

    Terima kasih, semoga dapat bermanfaat

  3. dimas arnanda says:

    Tulisannya bagus pak, setuju dengan bapak. Intinya seorang pemimpin itu harus Amanah :)

  4. imran says:

    harus dipenuhi semua kah pak ?!?!?

    • budisuanda says:

      semakin banyak yang dikuasai makin bagus pak. Ini kata referensi yang saya baca. Jdi kita bisa introspeksi apa yang kurang dari kita. gitu kira2 pak.

  5. imanuel resibera says:

    mudah2an banyak PM seperti itu termasuk om BS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>