Teknik-teknik pengambilan keputusan kelompok – Teknik pengambilan keputusan seperti unanimity, majority, plurality, dan dictatorship. Teknik ini digunakan untuk memutuskan, mengklasifikasikan, dan memprioritaskan persyaratan produk. Teknik ini dapat dilakukan pada kondisi atau situasi dimana terdapat beberapa alternatif pilihan lingkup yang dapat dipilih, perlu prioritas alternatif lingkup dimana dapat dibuat dalam 2-3 skala. Prioritas utama harus pada persyaratan bisnis dan dari stakeholder kunci. Teknik harus sesuai permasalahan dan peserta.

Terdapat empat teknik pengambilan keputusan kelompok yang direkomendasikan oleh PMBOK 5th Edition yang terkait dengan pengambilan keputusan atas proses pengumpulan persyaratan. Penjelasan, tujuan, dan rekomendasinya secara khusus disajikan pada Tabel berikut ini :

Teknik Pengambilan Keputusan Kelompok dan Rekomendasinya

Project manager sangat perlu memahami teknik mana yang akan digunakan dalam pengambilan keputusan. Hal ini karena masalah, tim, dan lingkungan proyek yang sangat dinamis. Sehingga sulit untuk mengatakan seorang project manager yang secara konstant menggunakan hanya satu atau dua teknik pengambilan keputusan. Project manager sangat direkomendasikan untuk menguasai seluruh jenis teknik pengambilan keputusan pada tabel rekomendasi di atas.

Dengan penguasaan situasi dan prediksi dampak keputusan, maka penguasaan berbagai teknik pengambilan keputusan akan sangat menunjang project manager untuk mengambil keputusan yang lebih efektif untuk kesuksesan proyek yang dimulai dari proses pengambilan keputusan atas persyaratan proyek yang komprehensif dan sesuai dengan kebutuhan stakeholder.

Referensi : Buku Advanced and Effective Project Management

Untuk melihat daftar artikel ⇒ Table of Content, dan konsultasi Project Management ⇒ Konsultasi. Daftar karya ada pada ⇒ Innovation Gallery, dan daftar riset pada ⇒ Research Gallery

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AlphaOmega Captcha Classica  –  Enter Security Code