Momentum Terbaik Untuk Melakukan Smart Project Efficiency

Smart Project Efficiency (SPE) akan memberikan impact berdasarkan waktu. Sehingga penting untuk memahami hubungan antara waktu dan efficiency yang dihasilkan. Tulisan singkat ini akan memberikan informasi penting berikut penjelasannya kepada Anda.

Mari lihat grafik dibawah ini sebagai bahan utama dalam menjelaskan momentum yang tepat untuk melakukan smart project efficiency.

 

Grafik Hubungan Risiko / Peluang vs Waktu

 

Grafik di atas membagi time frame dalam empat kelompok, yaitu:

  • Concept, yaitu fase dimana konsep proyek dibuat.
  • Development, yaitu fase dimana konsep dibuat lebih detail
  • Implementation, yaitu fase dimana proyek dilaksanakan
  • Termination, yaitu fase dimana proyek diselesaikan dan mulai berfungsi.

Terlihat ada dua grafik yaitu grafik risiko-peluang dan nilai kerugian-keuntungan. Padanannya adalah risiko dan kerugian lalu peluang dan keuntungan. Fokus kita pada smart project efficiency ini adalah peluang dan keuntungan.

Pada grafik, terlihat bahwa semakin awal fase proyek, maka terdapat risiko-peluang yang paling tinggi. Semakin lama, semakin rendah. Berkebalikan dengan grafik kerugian-keuntungan yang saat awal paling kecil dan semakin lama semakin besar. Jika didalami didapat makna bahwa semakin awal proyek adalah saat yang paling menentukan dalam perjalanan proyek itu kemudian. Jika perencanaan yang baik dilakukan semakin awal, maka akan memberikan dampak yang semakin baik pula. Sebaliknya, semakin terlambat perencanaan proyek, maka tersisa semakin sedikit peluang dan risiko yang dapat diantisipasi risikonya dan manfaatkan peluangnya. Ini berarti semakin kecil pula risiko yang dapat dikendalikan dan semakin kecil dampak positif yang dapat diharapkan.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan betapa pentingnya perencanaan yang baik yang dilakukan seawal mungkin untuk dapat mengantisipasi sebanyak mungkin risiko dan memanfaatkan sebanyak mungkin peluang.

 

(Untuk berdiskusi dan konsultasi terkait permasalahan Project Management yang sedang dihadapi, silahkan klik – Konsultasi. Untuk melihat lengkap seluruh judul posting, silahkan klik – Table of Content.)
Did you like this? Share it:
This entry was posted in Riset, Inovasi & Teknologi and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>