Proses mengendalikan lingkup direkomendasikan untuk dirinci menjadi beberapa kegiatan untuk memudahkan dalam pelaksanaannya. Adapun rekomendasi rincian kegiatan tersebut ditunjukkan pada Tabel di bawah ini :

Rekomendasi Kegiatan-kegiatan Proses Mengendalikan Lingkup

Adapun penjelasan kegiatan-kegiatan yang merupakan rincian proses mengendalikan lingkup adalah sebagai berikut :

Mengumpulkan data dan informasi – Merupakan kegiatan yang mengumpulkan dan membuat resume atas seluruh data dan informasi terkait proses pengendalian lingkup seperti rumusan pedoman pengendalian lingkup, data kinerja pekerjaan, dokumentasi persyaratan, dan matriks ketelusuran persyaratan.

Melakukan analisis variasi lingkup – Merupakan kegiatan yang membandingkan rencana lingkup yang menjadi acuan lingkup dengan lingkup pekerjaan aktual yang dilakukan dengan menggunakan alat variance analysis. Analisis ini akan menghasilkan gap yang berupa penyimpangan lingkup. Penyimpangan-penyimpangan lingkup ini akan dikuantifikasi menjadi suatu indikator yang menjadi informasi kinerja pekerjaan berupa jumlah perubahan yang terjadi, diterima, ditolak, dan selesai, termasuk jenis perubahan yang terjadi.

Membuat rekomendasi pengendalian lingkup – Mengendalikan lingkup merupakan kegiatan yang mengendalikan perubahan-perubahan yang terjadi. Bentuk hasil pengendalian lingkup berupa rekomendasi usulan langkah-langkah berupa tindakan preventif maupun korektif agar lingkup pekerjaan dapat terkendali baik. Rekomendasi pengendalian lingkup dapat berupa permintaan perubahan, pembaruan atas rencana manajemen proyek, dan aset-aset proses organisasi. Adanya perubahan yang terjadi dalam rangka pengendalian lingkup, maka dokumen-dokumen proyek akan diperbarui.

Referensi : Buku Advanced and Effective Project Management

Untuk melihat daftar artikel ⇒ Table of Content, dan konsultasi Project Management ⇒ Konsultasi. Daftar karya ada pada ⇒ Innovation Gallery, dan daftar riset pada ⇒ Research Gallery

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AlphaOmega Captcha Classica  –  Enter Security Code