Proses mengendalikan keterlibatan stakeholder direkomendasikan untuk dirinci menjadi beberapa kegiatan untuk memudahkan dalam pelaksanaannya. Adapun rekomendasi rincian kegiatan tersebut ditunjukkan pada Tabel di bawah ini :

Rekomendasi Kegiatan-kegiatan Proses Mengendalikan Keterlibatan Stakeholder

Adapun penjelasan kegiatan-kegiatan yang merupakan rincian proses merencanakan manajemen stakeholder adalah sebagai berikut :

Mengidentifikasi dan analisis isu Merupakan kegiatan yang mengidentifikasi adanya isu penting terkait pengelolaan stakeholder pada issue log. Identifikasi dilanjutkan dengan analisis isu atas penyebab dan dampak yang mungkin dapat ditimbulkannya. Hasil kegiatan ini menjadi masukan atas kegiatan menentukan rekomendasi pengendalian stakeholder.

Mengevaluasi strategi melibatkan stakeholder Merupakan kegiatan yang mengevaluasi efektifitas dan efisiensi atas strategi melibatkan stakeholder. Evaluasi ini perlu dalam rangka strategi pengendalian keterlibatan stakeholder yang tepat dan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi strategi melibatkan stakeholder.

Mengevaluasi kinerja pekerjaanMerupakan kegiatan yang mengevaluasi data kinerja pekerjaan yang akan dikaitkan dengan hasil analisis isu dan hasil evaluasi strategi melibatkan stakeholder. Ketiga data dan informasi ini akan menentukan rekomendasi strategi mengendalikan stakeholder.

Menentukan rekomendasi strategi mengendalikan stakeholderMerupakan kegiatan yang mengendalikan keterlibatan stakeholder dalam bentuk meneruskan, meninggalkan, mengganti, atau menambah stakeholder sesuai hasil evaluasi pada kegiatan sebelumnya. Di samping itu juga mengidentifikasi perlunya berbagai pembaruan dalam rangka peningkatan efektifitas dan efisiensi keterlibatan stakeholder. Pembaruan dapat berupa pembaruan rencana manajemen proyek dan pembaruan aset-aset proses organisasi. Hasil kegiatan ini akan memperbarui dokumen-dokumen proyek.

Referensi : Buku Advanced and Effective Project Management

Untuk melihat daftar artikel ⇒ Table of Content, dan konsultasi Project Management ⇒ Konsultasi. Daftar karya ada pada ⇒ Innovation Gallery, dan daftar riset pada ⇒ Research Gallery

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AlphaOmega Captcha Classica  –  Enter Security Code