Pengelolaan kompleksitas proyek merupakan salah satu faktor kunci keberhasilan proyek. Oleh karenanya, pengelolaan kompleksitas harus dilaksanakan dengan baik. Pengelolaan kompleksitas yang baik membutuhkan kompetensi project manager dan key project staff yang khusus. Tentu saja semakin tinggi tingkat kompleksitas proyek, maka dibutuhkan level kompetensi yang lebih tinggi dan lebih banyak. Adapun daftar kompetensi dalam mengelola kompleksitas proyek seperti yang terlihat pada Tabel di bawah ini :

Daftar Kompetensi Mengelola Kompetensi Proyek

Berdasarkan Tabel di atas, terlihat begitu banyak kompetensi yang harus dimiliki oleh project manager dalam mengatasi kompleksitas proyek. Dengan memperhatikan karakter proyek yang unik, maka project manager tidak perlu untuk memiliki seluruh kompetensi tersebut. Project sponsor atau top management, harus menilai jenis dan tingkat kompleksitas suatu proyek untuk identifikasi kompetensi yang harus dimiliki oleh kandidat project manager.

Daftar kompetensi tersebut akan menjadi catatan penting bagi project sponsor atau top management dalam memilih project manager yang tepat. Ada kalanya untuk suatu proyek dengan kompleksitas yang sangat tinggi, lebih membutuhkan project manager yang memiliki kompetensi mengatasi kompleksitas ketimbang project manager yang memiliki kemampuan tinggi pada suatu aspek teknis.

Referensi : Buku Advanced and Effective Project Management

Untuk melihat daftar artikel ⇒ Table of Content, dan konsultasi Project Management ⇒ Konsultasi. Daftar karya ada pada ⇒ Innovation Gallery, dan daftar riset pada ⇒ Research Gallery

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AlphaOmega Captcha Classica  –  Enter Security Code