Apa Perbedaan Antara Efisiensi, Inovasi, dan VE?

Dalam suatu diskusi training, pernah ditanyakan mengenai apa bedanya efisiensi dengan inovasi dan VE. Ketiga istilah ini juga menjadi sering rancu dalam aplikasi dan penggunaannya. Ini pertanyaan menarik yang akan diulas dalam posting kali ini.

Efisiensi bukanlah kata kerja, melainkan kata keterangan yang bermakna suatu ukuran dalam membandingkan rencana penggunaan masukan dengan penggunaan yang direalisasikan atau yang sebenarnya. Sebagai contoh adalah dalam konsumsi BBM pada kendaraan bermotor. Jika untuk menempuh jarak 100 km direncanakan konsumsi BBM sebesar 10 liter atau rasio konsumsi 1:10, lalu yang terealisasi adalah 80 liter, maka terjadi efisiensi 15 liter. Efisiensi adalah membandingkan dengan rumus sebagai berikut:

Efisiensi = Input Target / Input Aktual

Dimana jika hasilnya adalah >1 maka terjadi efisiensi, jika sebaliknya maka terjadi inefisiensi. Pada contoh konsumsi BBM di atas, nilai efisiensi menjadi 100/80 = 1,25, sehingga terjadi efisiensi.

Bagaimana dengan Inovasi dan VE? Inovasi adalah proses pengembangan dan pemanfaatan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman untuk menciptakan / memperbaiki produk, proses, dan sistem baru, yang memberikan nilai yang signifikan. Sedangkan VE adalah usaha yang sistematis untuk mengurangi biaya produksi, tanpa mengurangi mutu, performance, durability, reliability, yang ditetapkan.

VE dan Inovasi sepintas memiliki kesamaan. Namun VE adalah bentuk yang lebih spesifik atas inovasi. Melakukan VE adalah bentuk inovasi namun dengan tujuan yang lebih spesifik terutama dalam menghasilkan pengurangan biaya dimana output dibatasi minimal sama dengan target. Sedangkan inovasi memiliki kemungkinan untuk menambah biaya yang diiringi dengan peningkatan performance produk.

Untuk lebih jelasnya, akan diberikan contoh dari VE dan inovasi dalam contoh-contoh berikut ini:

  • Aplikasi software optimasi waste besi (SOWB) merupakan bentuk dari VE
  • Metode pengecoran bored pile pada elevasi yang direncanakan sehingga tidak terjadi item biaya pemotongan kepala tiang adalah merupakan bentuk dari VE
  • Pergantian material batu besar yang mahal dan sulit sebagai counter weigh menjadi pasir sungai yang murah dan gampang didapatkan pada pekerjaan jembatan adalah bentuk dari VE
  • Penggunaan material dinding sandwich panel yang cepat dalam pemasangannya adalah bentuk dari inovasi
  • Penggunaan cctv sebagai bagian dari sistem keamanan adalah bentuk dari inovasi
  • Penggunaan lampu LED atau AC inverter adalah bentuk dari inovasi

Lalu apa hubungan antara efisiensi dengan inovasi dan VE? Berikut ini adalah kesimpulannya:

  • Efisiensi dihasilkan oleh proses inovasi dan VE
  • VE pasti akan menghasilkan efisiensi secara langsung karena memang efisiensi biaya menjadi satu-satunya target.
  • Inovasi bersifat luas dimana inovasi bisa menghasilkan efisiensi biaya dengan cara yang langsung maupun tidak langsung. Namun inovasi bisa saja menghasilkan inefisiensi biaya dengan kualitas fungsi produk yang lebih tinggi.

Dalam aplikasinya, kata efisiensi seolah mewakili istilah inovasi dan VE. Hal ini karena efisiensi mengalami perluasan makna. Semoga dapat bermanfaat.

 

Did you like this? Share it:
This entry was posted in Riset, Inovasi & Teknologi and tagged , , . Bookmark the permalink.

One Response to Apa Perbedaan Antara Efisiensi, Inovasi, dan VE?

  1. Narvarr says:

    Nim 2006-12-070, seksi 31Orang dapat menjadi kaya deagnn melakukan penghematan tenaga, waktu dan biaya. Namun dalam hal ini kita juga harus bijak dalam penghematan yang dilakukan. misalnya, dalam bidang tenaga kerja dapat kita lakukan deagnn teknologi (dari manual menjadi Program) sehingga menghemat biaya tenaga kerja, namum akan salah jika kita menempatkan 1 tenaga kerja pada 3 posisi misanya Finance merangkap accounting dan kasir. hal ini bukan menghemat biaya namun akan membuat lebih kacau dan butuh biaya tak terduga seperti jasa profesional (audit) untuk membenahinya. karena saya pernah mengalami hal ini di tempat saya bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>