Mega Proyek Keajaiban Modern EURO TUNNEL

EURO TUNNEL adalah bangunan terowongan yang terkenal di dunia yang menghubungkan negara Inggris dan Perancis dan menjadi 7 keajaiban konstruksi modern Terowongan yang mejadi kebanggaan negara Inggris dan Perancis ini juga merupakan terowongan terpanjang kedua dunia dengan panjang keseluruhan 50,45 km setelah terowongan Seikan di Jepang.

Latar Belakang

Proyek ini adalah proyek prestisius yang bertujuan untuk menghubungkan daratan Eropa dengan Inggris yang akan menyediakan sarana dan prasarana transportasi yang memiliki kapasitas angkut besar dengan waktu tempuh yang relatif cepat sebagai akibat ditetapkannya Masyarakat Ekonomi Eropa pada thaun 1956. Harapan lebih lanjut adalah peningkatan GDP negara-negara Eropa.

 

 

Peta Lokasi Euro Tunnel (Dover – Sangatte)

Sejarah Pembangunan

Ide membangun terowongan bawah laut antar pulau ini sebenarnya sudah dimulai pada masa Napoleon (abad ke 19). Berikut adalah ringkasan kronologis sejarah pembangunan terowongan antar pulau:

  • Tahun 1802 : Napoleon mengusulkan ide untuk membuat tunnel yang melintas samudera Atlantik dan laut utara
  • Tahun 1973 : Penandatanganan perjanjian oleh Presiden Perancis Georges Pompidou dan PM Inggris Edward Heath mengenai pembangunan tunnel kembar kereta api di English Channel
  • Tahun 1980 : Penlitian kemungkinan dibangunnya jalur prmanen melalui english tunnel yang berupa jembatan atau tunnel yang akan didanani oleh sektor swasta
  • Tahun 1984 : Arranging banks (3 bank Perancis dan 2 bank Inggris) mempresentasikan kepada kedua pemerintahan tentang rencana pembangunan prasarana transportasi di English Channel
  • Tahun 1985 : Pengajuan 10 proposal dan terindentifikasi 4 yang terbaik yaitu Euo Route, CTG-M Eurotunnel system, eurobridge, dan channel expressway. Lalu terpilih eurotunnel system

 

Design Eurotunnel System

Adapun design sistem pada Eurotunnel ini adalah sebagai berikut:

  1. Dua tunnel ukuran besar dilengkapi rel dengan diameter 7,6 m dan jarak antara kedua tunnel 30 m. diantaranya terdapat tunnel kecil berdiameter 4,8m yang didesign untuk sistem pengendalian dan servis. Tunnel terletak 45 m di bawah dasar laut.
  2. Terdapat sambungan melintang antara kedua rail tunnel dengan service tunnel di tengah pada tiap jarak 375 m
  3. Dua terminal yang letaknya di Folkestone dekat Dover Inggris dan satu lagi di Coqulles dekat Calais Perancis
  4. Kendaraan-kendaraan untuk mengangkut penumpang dan barang yang letaknya di antara terminal-terminal.
  5. Stasiun-stasiun tempat pengangkutan yang berada di terminal Perancis dan di Ashford dekat Folkestone Inggris
  6. Dihubungkan dengan jalan-jalan dan fasilitas rel

 

Kondisi Geologis Jalur Euro Tunnel

 

Denah Lokasi

 

3D Design Euro Tunnel

 

Gambar Potongan Melintang

 

Konstruksi, Biaya, dan Pendanaan

Eurotunnel mulai dikerjakan pada bulan Agustus 1986. Proyek ini dikerjakan selama 7 tahun. Kontraktor yang mengerjakan proyek ini adalah konsorsium Transmanche Link yang merupakan gabungan masing-masing 5 kontraktor inggris dan Perancis. Pada proyek ini dilibatkan hampir 15.000 engineer, teknisi, dan pekerja. Sehingga biaya yang dikeluarkan untuk 15.000 personil adalah 3 juta poundsterling.

Alat utama dalam pengerjaan proyek ini adalah Tunnel Boring Machines (TBM). Dalam pembangunan eurotunnel ini, beberapa kriteria penggunaan TBM digunakan antara lain :

  • Proses tanpa adanya treatment pada tanah atau Ground treatment pada kondisi tanah berair di sisi Perancis kususnya pada 4 km pertama diabawah laut (dimaka kondisi tanah dikawasan itu adalah kapur yang retak) dan 3.2 km dibawah tanah (dibawah air tanah).
  • Proses dengan kecepatan tinggi ( 4.4 km/h) pada daerah kering dan kondisinya lumayan bagus.
  • Keamanan yang pasti, sistem keandalan yang bagus untuk terowongan yang padat,kuat dan kondisi padat sekalipun. Kondisi yang harus sangat kedap air khususnya pada daerah Sangatte,Perancis.

 

Tunnel Boring Machine Raksasa Sebagai alat Utama Untuk Melakukan Pengeboran

Terdapat 11 TBM yang digunakan yaitu 6 dari sisi Inggris (3 dibawah air dan 3 dibawah tanah) dan 6 dari sisi Perancis ( 3 dibawah laut dan 2 dibawah tanah). Desain TBM ini dianggap unik karena menggunakan teknologi yang berkombinasi sehingga dapat digunakan pada kondisi tanah yang halus dibawah air maupun kondisi batuan yang keras.

 

Proses Pengeboran Terowongan

 

Tampak Terowongan Setelah Pengeboran

Tunnel ini dimulai proses persiapan pembangunan hingga finishing secara fix pada tahun 1988 dan mulai beroperasi pada tahun 1994. Pada tahun 1985, biaya yang dikeluarkan untuk pembangunan terowongan ini adalah sebesar 4.650 milyard pound strerling (setara dengan 11 milyard pound sterling pada masa sekarang). 10 pekerja meninggal, 8 diantaranya berkebangsaan Inggris, selama jalannya proyek antara tahun 1987- 1993, hampir semuanya meninggal di bulan pertama proses pengeboran terowongan.

 

Terowongan Dalam Proses Pekerjaan

 

Tampak Terowongan yang Telah Selesai

Rencana biaya pembangunan saja awalnya adalah 2,8 Milliar Pounsterling. Dimana masa konsesi diberikan hingga 29 Juli 2042. Biaya total termasuk korporasi, provisi, financing adalah 4,8 Miliar Poundsterling. Dalam rencana makronya, dianggarankan biaya 6,0 Miliar poundsterling untuk mengantisipasi jika terjadi kerugian dan kenaikan harga.

Sejumlah biaya tersebut dibiayai dengan modal sebesar 1 miliar dan pinjaman sebesar 5 miliar oleh sindikasi 40 bank dengan jangka waktu pinjaman adalah 7 tahun. Skema pembayaran dilakukan berdasarkan cash flow dimana periode pembayaran selama 18 tahun sejak kesepakatan pemberian pinjaman ditandatangani.

 

Tampak Kereta dan Ujung Terowongan Euro Tunnel

 

Referensi:

  • Bahan Kuliah Pasca Sarjana Manajemen Proyek Universitas Indonesia
  • Wikipedia
  • Tantristory.wordpress.com

 

(Untuk berdiskusi dan konsultasi terkait permasalahan Project Management yang sedang dihadapi, silahkan klik – Konsultasi. Untuk melihat lengkap seluruh judul posting, silahkan klik – Table of Content.)

 


Did you like this? Share it:
This entry was posted in International, Manajemen Pendanaan, Manajemen Proyek and tagged , . Bookmark the permalink.

One Response to Mega Proyek Keajaiban Modern EURO TUNNEL

  1. Pingback: Adu Konsep Tol Laut Capres Jokowi dan Prabowo, Mana yang Terbaik? | Manajemen Proyek Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>