Proses mendefinisikan lingkup direkomendasikan untuk dirinci menjadi beberapa kegiatan untuk memudahkan dalam pelaksanaannya. Adapun rekomendasi rincian kegiatan tersebut ditunjukkan pada Tabel di bawah ini :

Rekomendasi Kegiatan-kegiatan Proses Validasi Lingkup

Adapun penjelasan kegiatan-kegiatan yang merupakan rincian proses membuat WBS adalah sebagai berikut :

Mengumpulkan dan analisa data dan informasi – Merupakan kegiatan yang mengumpulkan dan menganalisa seluruh data dan informasi atas pekerjaan yang telah mencapai progres tertentu atau telah selesai yang diperlukan untuk menunjang proses validasi lingkup.

Melakukan inspeksi dan analisis hasil – Untuk memastikan bahwa hasil pekerjaan dapat diterima, maka dilakukan inspeksi lapangan. Inspeksi dilakukan dengan menguji hasil analisis data dan informasi yang dilakukan pada kegiatan sebelumnya. Hasil analisis data dan inspeksi akan menjadi pertimbangan dalam pengambilan keputusan apakah pekerjaan dapat diterima, ditolak, diperbaiki, atau perlu permintaan perubahan lainnya.

Membuat rekomendasi penerimaan hasil pekerjaan – Kegiatan ini merupakan kegiatan yang memutuskan apakah suatu pekerjaan dapat diterima atau tidak. Hasil pekerjaan akan diterima apabila telah sesuai dengan acuan lingkup dan persyaratan kualitas. Sebaliknya, suatu pekerjaan dapat ditolak karena hasil inspeksi dan analisisnya menunjukkan bahwa pekerjaan belum selesai dan atau tidak memenuhi persyaratan atau kualitas yang ditargetkan. Penolakan dapat menghasilkan permintaan perubahan yang dapat berupa permintaan repair dan reject terhadap proses maupun hasil pekerjaan, serta permintaan perubahan lainnya. Pembuatan rekomendasi dapat diambil dengan menggunakan teknik-teknik pengambilan keputusan kelompok. Hasil lain dari kegiatan ini adalah pembaruan dokumen-dokumen proyek.

Referensi : Buku Advanced and Effective Project Management

Untuk melihat daftar artikel ⇒ Table of Content, dan konsultasi Project Management ⇒ Konsultasi. Daftar karya ada pada ⇒ Innovation Gallery, dan daftar riset pada ⇒ Research Gallery

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AlphaOmega Captcha Classica  –  Enter Security Code