Letak geografis proyek memiliki peran strategis dan merupakan salah satu faktor kritis keberhasilan dalam investasi proyek. Pertimbangan letak geografis melingkupi area, kondisi site, dan fasilitas serta faktor pendukung terkait letak geografis. Tabel berikut menyajikan suatu resume rekomendasi atas kajian lokasi geografis pada elemen area yang terdiri atas faktor sumberdaya proyek, risiko alam, pasar potensial, dan tata ruang, serta program pemerintah.

Rekomendasi Analisis dan Pertimbangan Aspek Lokasi Area

Berdasarkan resume Tabel di atas terlihat bahwa pemilihan area dan lokasi site proyek merupakan hal yang strategis terhadap hampir semua aspek kelayakan. Kegagalan proyek yang diakibatkan oleh kesalahan penentuan site proyek umumnya bersifat sangat fatal. Oleh karena itu pemilihan site untuk lokasi proyek harus dikaji secara komprehensif dengan memperhatikan aspek-aspek yang dianggap kritis.

Pembahasan selanjutnya pada elemen kondisi site proyek yang terdiri atas beberapa faktor penting, yaitu kondisi tanah, potensi pengembangan, sikap masyarakat, lingkungan hidup, dan biaya terkait lokasi. Resume penjelasan atas elemen kondisi site disajikan pada Tabel berikut

Rekomendasi Analisis dan Pertimbangan Aspek Kondisi Site

Berdasarkan penjelasan pada Tabel di atas, dapat disimpulkan bahwa kondisi site memiliki pengaruh yang besar terhadap aspek teknis terutama yang terkait dengan kondisi tanah, kelayakan pelaksanaan proyek terutama terkait masalah sikap masyarakat dan dampaknya terhadap lingkungan hidup, dan kelayakan finansial akibat biaya yang timbul akibat perbedaan lokasi dan permasalahan site.

Pembahasan terakhir untuk pertimbangan letak geografis adalah mengenai fasilitas dan faktor penunjang. Komponen faktor dan resume penjelasannya diberikan pada Tabel di bawah. Sarana dan faktor penunjang akan berpengaruh pada kelancaran pelaksanaan dan operasional proyek investasi. Semakin baik sarana dan faktor penunjang, maka akan mendukung keberhasilan proyek investasi.

Rekomendasi Analisis dan Pertimbangan Aspek Fasilitas dan Faktor Penunjang

Referensi : Buku Advanced and Effective Project Management

Untuk melihat daftar artikel ⇒ Table of Content, dan konsultasi Project Management ⇒ Konsultasi. Daftar karya ada pada ⇒ Innovation Gallery, dan daftar riset pada ⇒ Research Gallery

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AlphaOmega Captcha Classica  –  Enter Security Code