Faktor Peningkatan Kreatifitas

Semua orang tentu ingin kreatif. Sayangnya tak semua orang tahu bagaimana untuk menjadi kreatif. Menjadi kreatif butuh passion dan pengetahuan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kreatifitas seseorang. Dengan tahu faktor tersebut maka orang akan melakukan langkah-langkah berdasarkan faktor tersebut untuk meningkatkan kreatifitasnya.

 

Terdapat beberapa faktor hasil penelitian yang memiliki pengaruh yang tinggi terhadap kreatifitas, yaitu:

  1. FUNDAMENTAL KNOWLEDGE, berusaha menyerap ilmu pengetahuan dan pengalaman sebanyak mungkin di bidang yg diminati maupun yang diperlukan. semakin banyak hal yg diketahui, semakin mudah menciptakan kreativitas yg bernilai jual tinggi. Contoh adalah Soegiharto Sosrodjojo, berpuluh tahun menggeluti pertanian dan produksi teh kemudian menciptakan teh botol dan sekarang menjadi jutawan yg memimpin Sosro Group.
  2. FOCUS, setiap hari fokus pada satu aktivitas kreatif. Misalnya ingin kreatif dalam bidang desain pakaian, lakukan aktifitas kreatif walaupun hanya berupa goresan sketsa sederhana atau satu bagian sulaman. Langkah itu meningkatkan daya kreativitas seiring bertambahnya pengalaman dan ilmu yg terus bertambah setiap hari.
  3. IMAGINATION, biarkan pikiran bebas berimajinasi, sebab itu akan mengembangkan kreativitas. Imajinasi sering memunculkan ide2 sederhana, tetapi unik dan bernilai tinggi. Lauren Bacall mengatakan, “Imagination is the highest kite one can fly. – Imajinasi adalah layang2 tertinggi yg mampu diterbangkan manusia.”
  4. PASSION, Passion membuat seseorang punya fighting spirit /semangat juang. Ia tidak mudah menyerah dan putus asa dalam menghadapi berbagai masalah, sesulit apa pun, termasuk pekerjaannya. Masalah justru menjadi pemicu untuk mencari terobosan. Passion akan memunculkan kreativitas secara spontan.
  5. TIME MANAGEMENT, Pengaturan waktu yg baik juga akan memunculkan kreativitas. Karena itu kita harus bekerja cerdas. Yaitu dengan memanfaatkan waktu secara efektif dan efisien untuk memperoleh hasil optimal. Bekerja terus menerus tanpa diimbangi istirahat cukup membuat otak kita overload (kelebihan beban). Kita tidak punya lagi ruang berpikir untuk melihat hal baru. Dengan mengatur jam kerja serta jam istirahat dengan disiplin, aliran darah ke otak tidak terhambat karena kita memperoleh oksigen dengan sempurna.
  6. NETWORKING, upayakan tetap menyediakan waktu berkualitas untuk bertemu dengan banyak orang. Pertemuan itu mendatangkan energi kreativitas kita. Sikap utama yg dibutuhkan dalam membina networking yg positif adalah ”sikap rendah hati”. Mau mendengar pendapat dan dapat menghargai kelebihan orang lain. Sering berdiskusi akan menyulut ide yg memunculkan kreativitas yg lebih membumi, sesuai dengan kebutuhan zaman.
  7. SENSE Of COMPETITION, berada di tengah-tengah pesaing, alarm kewaspadaan kita untuk ”selalu siaga” akan terus berbunyi. Kita tidak hidup dalam zona kenyamanan. Kreativitas akan lebih mudah ditingkatkan saat situasi kita terjepit.
  8. HUMILITY, Kerendahan hati merupakan sumber kreativitas. Sikap rendah hati membuat seseorang selalu melakukan introspeksi dan koreksi terhadap semua aktivitasnya. Hanya dengan kerendahan hati seseorang mau menerima teguran / masukan.
  9. ATTITUDE, dalam menciptakan kreativitas butuh ketekunan, semangat, kedisiplinan, dan kegigihan. Keempat hal tersebut akan membantu Anda terus berusaha menyiasati keterbatasan, mencari solusi bekerja dan lebih efisien hingga berhasil menciptakan karya luar biasa atau ide2 cemerlang.
  10. SELF CONFIDENCE, Anda juga akan lebih kreatif jika Anda percaya bahwa Anda kreatif. Seorang peneliti pernah melakukan survei kepada sekelompok karyawan. Beberapa karyawan yg kreatif ternyata percaya bahwa mereka kreatif. Sedangkan sebagian lagi yg tidak kreatif itu percaya bahwa mereka tidak kreatif.
  11. HONEST, Orang kreatif juga selalu bersedia mengevaluasi ide2 mereka sendiri secara jujur. Untuk itu Anda jangan segan untuk meminta pendapat dan saran dari orang lain, terutama dari mereka yg cukup ahli di bidang mereka dan dapat dipercaya.

Gambar Pendapat Albert Einstein tentang imajinasi

 

Untuk melatih kreatifitas, sebenarnya tidak perlu melakukan ke-11 faktor diatas. Lakukanlah secara perlahan. Misalnya pada faktor focus dan time management atau belajar fundamental knowledge dan imagination dalam suatu periode, katakanlah seminggu. Asalkan konsisten, maka anda akan lebih terlihat kreatif. Gampang kan? Masih bingung dengan langkah definitifnya? Silahkan klik ini. Semoga bermanfaat.

(Untuk berdiskusi dan konsultasi terkait permasalahan Project Management yang sedang dihadapi, silahkan klik – Konsultasi. Untuk melihat lengkap seluruh judul posting, silahkan klik – Table of Content.)
Did you like this? Share it:
This entry was posted in Manajemen Sumber Daya Manusia, Riset, Inovasi & Teknologi and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>