Cara Meningkatkan Kreatifitas

“Creativity can solve almost any problem. The creative act, the defeat of habit by originality overcomes everything. – Kreativitas dapat memecahkan hampir semua masalah. Tindakan kreatif, sikap kuat yg pada dasarnya mengatasi semuanya.”George Lois (Designer, penulis, pemimpin periklanan berkebangsaan Amerika)

 

Definisi dan Manfaat Kreatifitas

Berpikir kreatif adalah proses berpikir yg menghasilkan kreativitas. Kreativitas sangat penting untuk menyiasati segala keterbatasan yg kita miliki, memecahkan masalah pada berbagai aspek kehidupan, sekaligus menghasilkan peluang atau karya baru untuk memudahkan kehidupan kita. Kreativitas merupakan bahan bakar yg menghasilkan energi atau gairah. Kreativitas tidak terbatas pada kreativitas besar (big ‘C’) yg sifatnya mahakarya seperti lukisan Da Vinci. Ada pula yg namanya kreativitas kecil (litle ‘c’), yaitu kecerdikan yg di gunakan untuk memecahkan masalah sehari2.

Creativity Cycle

 

Potensi dan Faktor Pengaruh Kreatifitas Manusia

Sejak dilahirkan setiap orang memiliki daya kreativitas yg cukup tinggi dalam DNA-nya. Tidak perlu memiliki IQ tinggi untuk menjadi kreatif. Setiap orang mampu memiliki kreatifitas yg tinggi karena dia menginginkannya dan disiplin untuk terus menciptakan ide2 baru. Kreatifitas dapat meningkat / menurun. Kreatifitas turun karena tekanan hidup / stress akibat mengalami tantangan kehidupan maupun dilema, bekerja pada pekerjaan yng tidak disukai, karena terpaksa, dan bekerja pada level jauh di bawah potensi mereka sesungguhnya. Aktivitas yg berlebihan dapat menimbulkan kejenuhan. Kejenuhan membuat pikiran stagnan.

Creativity Brain

Kualitas Kecerdasan

Kualitas kecerdasan seseorang dapat diukur melalui 3 hal dasar, yaitu :

  • Open Minded-ness. Semakin terbuka cara berpikir Anda, maka semakin terbuka dan kreatif terhadap ide baru dan pemecahan terhadap sebuah masalah.
  • Kemampuan konsentrasi dalam sebuah hal/masalah. Dalam kata lain, Anda harus memiliki kemampuan untuk fokus dalam sebuah hal atau masalah Anda.
  • Kemampuan untuk memecahkan masalah secara sistematis. Anda harus melihat sebuah masalah sebagai sebuah sistem, bukan sebuah masalah yg saling terpisah satu sama lain.

 

Langkah meningkatkan kreatifitas.

  • Ubahlah cara berpikir Anda dari negatif ke positif. Semakin positif cara berpikir Anda, membuat Anda semakin percaya diri dan optimis dalam menghadapi permasalahan. Selanjutnya Anda akan semakin kreatif dalam mencari solusi segala permasalahan Anda.
  • Tulislah secara detail mengenai situasi kesulitan yg Anda hadapi, Tulislah segala hal yg berkaitan dengan tantangan Anda, Apa yg menjadi penyebab Anda tertekan? Apa yg Anda kuatirkan? Ini bukan berarti berpikir negatif, tapi untuk mencari jalan keluar dari permasalahan tersebut.
  • Selalu bertanya, Berlatihlah juga untuk menjawab sebuah permasalahan atau pertanyaan dari sudut pandang yg berbeda. Misalnya bisnis Anda sedang menurun, kenapa menurun? mengapa penjualannya menurun? apa karena semakin banyak kompetitor? Dengan semakin banyak pertanyaan yg dapat Anda buat, maka Anda akan terpacu untuk semakin kreatif mencari solusinya.
  • Anda harus Take Action (Bertindak), Bertindaklah, sibukkanlah diri, dan terus bergerak. Tentukan Prioritas Tujuan. Semakin cepat dan semakin jelas tujuan, semakin kreatif diri dalam mencapai tujuan.
  • Mencari Sudut Pandang Lain. Salah satu latihan untuk mengasah kreatifitas adalah dengan mencoba memandang sesuatu dari perspektif lain yg sama sekali baru. Misalnya : ambil sebuah pensil, lalu pikirkanlan dan tuliskanlah sebanyak mungkin ide anda terhadap kegunaan pinsil tersebut – selain untuk menulis – misalnya sebagai tusuk konde, sumpit makan, dsb.

  • Menciptakan Sesuatu. Salah satu kegiatan yg menuntut tingkat kreatifitas tinggi adalah menciptakan karya seni. Untuk itu cobalah untuk menciptakan sesuatu yg bisa digolongkan kepada sebuah karya seni. Cobalah untuk membuat barang-barang seni dari benda-benda di sekitar Anda. Tekankanlah pada prosesnya, bukan pada hasilnya.
  • Cari Informasi Sebanyak-Banyaknya. Salah satu kunci kreatifitas adalah penguasan informasi. Contoh, jika Anda ingin menggambar dengan warna hijau namun cat hijau Anda habis, informasi tentang warna biru dicampur kuning akan menjadi hijau tentu akan sangat bermanfaat.
  • Disiplin. Kata Disiplin disini lebih ke arah disiplin pada diri Anda sendiri.Paksa diri Anda untuk menyelesaikan proses melatih kreatifitas Anda. Lakukan dengan target tertentu.
  • Tidur saja, Renungkan masalah yg Anda hadapi dengan segala aspeknya untuk beberapa waktu kemudian singkirkan semuanya dari pikiran Anda. Tidurlah yg nyenyak. Alam bawah sadar terus bekerja dan seringkali Anda akan bangun di keesokan harinya dengan ide yg hebat.
  • Bicarakan dengan seseorang yg tidak berkaitan sama sekali dengan situasi tersebut, Biasanya mereka akan menanyakan pertanyaan mendasar atau memberikan saran yg terdengar bodoh namun mengarah kepada ide bagus. Bagaimanapun juga dua kepala lebih baik daripada satu, jadi cobalah untuk membicarakannya dengan pihak luar.
  • Ambil suatu benda ( apapun ) dan katakana kepada diri Anda, Barang ini mengandung kunci jalan keluar terhadap permasalahan yg saya hadapi.Kemudian paksakan untuk menemukan beberapa ide. Coba lakukan hal ini terus menerus dengan beberapa benda yg berbeda dan Anda akan memiliki pilihan ide radikal dan inovatif.
  • Bayangkan solusi ideal di dunia ini dimana tidak ada batasan sama sekali Sebagai contoh Anda dapat menggunakan cara apapun yg diinginkan. Sekarang tantang kondisi ideal itu dengan menghadapi segala masalah yg dapat merintangi Anda dalam mencapai tujuan.
  • Gambarkan situasi permasalahan dalam bentuk karton yg menggambarkan orang2 yg terlibat serta masalah2nya. Gantungkan di dinding dan baygkan bagaimana ceritanya berkembang. Kebanyakan otak manusia bekerja dengan lebih baik dengan gambar dibandingkan dengan kata2 / angka. Jadi cara ini dapat membawa kita kepada suatu ide yg fantastis.

  • Capturing. Jangan biarkan satupun ide anda lewat begitu saja, betapapun anda merasa ide itu tidak terlalu istimewa. Segera catat ide anda di ponsel, notes, atau apapun yg bisa ditulis di dekat anda begitu terpikirkan. Seringkali ide-ide brilian muncul sesaat sebelum atau sesudah tidur. Luangkan waktu khusus di pagi hari, untuk mengumpulkan ide-ide anda.
  • Surrounding. Ide2 kreatif adalah hasil dari interaksi kita dengan lingkungan. Karena itu, lingkungan fisik dan sosial anda pun sebisa mungkin harus penuh dengan kreativitas pula. Perbanyak pergaulan dengan orang2 yg latar belakang, kepribadian, atau minatnya jauh berbeda dengan anda. Ubahlah tata kamar anda, cat dindingnya dengan warna baru.
  • Challenging. Kreativitas seringkali muncul mendadak saat menghadapi hambatan atau rintangan. Menantang diri sendiri dengan mencoba menyelesaikan permasalahan yg sulit bisa membantu mengeluarkan ide-ide kreatif yg selama ini tidak terpikirkan oleh anda.
  • Broadening. Sangat penting bagi seseorang yg kreatif untuk memiliki wawasan yg luas. Jangan sungkan untuk mempelajari hal-hal baru yg mungkin tidak berhubungan dengan pekerjaan atau pendidikan anda.
  • Jangan biarkan kritik menghalangi kreativitas anda. Kritik dapat anda gunakan sebagai masukan untuk memperbaiki ide atau mengganti satu ide dengan ide yg lain, tapi jangan pernah menganggap kritik sebagai larangan untuk mengumpulkan atau mengungkapkan ide anda. Criticism should make you more creative, not less.
  • Hadapi ketakutan gagal. Orang2 kreatif adalah mereka yg gagal ratusan kali. Tapi mereka mengambil pelajaran dari kegagalan itu sebagai peluang untuk mencoba lagi dengan cara yg berbeda dan mungkin lebih baik. Kegagalanlah yg secara langsung menyebabkan kreatifitas.
Did you like this? Share it:
This entry was posted in Leadership & Project Manager, Manajemen Kontraktor and tagged , . Bookmark the permalink.

18 Responses to Cara Meningkatkan Kreatifitas

  1. hadi says:

    salam kenal bos,wah tulisannya bagus ya !
    Lanjutkan dan sukses selalu.

  2. Azwar says:

    Saya suka dengan tulisan ini Pak, dan saya pernah baca buku tentang otak kanan tulisan Ipho Santosa, bahwa kita emang harus menggunakan ‘kanan’ dulu baru ‘kiri’..
    Sukses terus Pak..

    • budisuanda says:

      Masalah kanan atau kiri itu mungkin benar. Tapi kita sebaiknya mampu menganalisis kelemahan cara berfikir kita untuk menjadi lebih baik.

  3. pita says:

    bagus,,,,,,,

  4. said adi says:

    iya betapa sulit klo kita tdk pernah mencoba

  5. honda indonesia says:

    saya membaca dan saya terinspirasi

  6. RATIH says:

    make me release

  7. Anto@DMCTI says:

    inspirasi untuk pengembangan diri…
    Terimakasih infonya

    • Dackel says:

      Weh, punya blog baru ternyata nih Bang Rudy. Saya tyauna dari link yang ditinggalin di komentar balasan buat Mas Padly di blog saya. Welcome aja deh buat para blogaziners (saya belum berani menjadi bagian di dalamnya). Sementara ini saya berusaha mengalir dulu dengan konsep custom-post’ ala saya (yang jelas masih sangat simpel).

  8. masna ulina says:

    Terima kasih atas infonya, moga setelah sy membacanya sy boleh terinspirasi untuk menjadi kreatif

  9. legiokta says:

    wah ,,tulisan nya bagus gan,,
    add me ya gan

  10. craftline says:

    tulisannya bermanfaat sekali mas :)
    Bisa dijadikan penelitian :)

  11. Dion says:

    Keren,,,mantap nih,,,izin share ya bos ke FB aku

  12. Imanuel Resibera says:

    makasih pak boz , like ndis…. membangun sekali,.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>