7 Langkah Perencanaan Manajemen Proyek

Telah banyak indikasi yang menunjukkan lemahnya perencanaan manajemen proyek. Padahal terdapat 21 proses perencanaan sesuai dengan standart PMBOK untuk proses perencanaan proyek. Sehingga untuk memudahkan dalam melakukan ke-21 proses, dibuatlah suatu alur proses yang lebih mudah dalam 7 langkah.

 

Berdasarkan PMBOK, terdapat 21 proses perencanaan dalam manajemen proyek. Cukup banyak yang tentu butuh waktu untuk melakukannya. Perlu waktu yang cukup untuk membuat ke-21 proses perencanaan tersebut dengan baik. Tulisan ini memetakan dengan lebih mudah tentang bagaimana flow urutan melakukan perencanaan tersebut berdasarkan standart alur proses yang ada di PMBOK.

Pada gambar di atas, terlihat alur mengenai bagaimana urutan dalam melakukan perencanaan manajemen proyek. Namun sayangnya, pada gambar tersebut terlihat “agak ruwet” sehingga tidak dengan cepat dapat dipahami. Sehingga dilakukan perubahan bentuk lain yang lebih mudah seperti yang direkomendasikan pada gambar berikut ini:

 

Pada gambar dalam bentuk tabel di atas, proses-proses perencanaan dalam manajemen proyek menjadi lebih mudah untuk dipahami dimana dibagi dalam 7 langkah. Adapun kesimpulan penting berdasarkan tabel di atas adalah sebagai berikut:

  • Perencanaan awal adalah Project Management Plan
  • Produk akhir perencanaan proyek adalah Schedule Development
  • Proses paling penting dan merupakan paling kritis adalah Create WBS karena menjadi input pada banyak proses perencanaan berikutnya.
  • Proses paling panjang adalah pada Risk Management
  • Proses terpendek ada tiga yaitu Human Resource Planning, Quality Planning, dan Communiication Planning.

Semoga pemetaan ulang atas alur proses perencanaan pada manajemen proyek di atas, memperjelas dan mempermudah pelaku proyek dalam melakukan perencanaan manajemen proyek.

 

(Untuk berdiskusi dan konsultasi terkait permasalahan Project Management yang sedang dihadapi, silahkan klik – Konsultasi. Untuk melihat lengkap seluruh judul posting, silahkan klik – Table of Content.)
Did you like this? Share it:
This entry was posted in Manajemen Proyek and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>