Aplikasi Excel Analisis Keputusan Untuk Efektifitas Bekerja Di Proyek

Pekerjaan proyek memiliki kompleksitas yang tinggi yang dalam praktiknya telah membuat pelaku konstruksi harus bekerja hingga larut malam untuk menyelesaikan pekerjaannya. Analisis Decision Making bisa jadi tool yang dapat membantu agar dapat dicapai suatu kinerja yang produktif dan dapat mencapai sebagian besar target penting proyek tanpa bekerja berlebihan.

Dalam posting terdahulu, telah diketahui bahwa salah satu cara terbaik dalam mengatasi kompleksitas pekerjaan proyek adalah dengan melakukan pengelompokan dan melakukan prioritas. Dengan melakukan kedua langkah itu, maka banyaknya aktifitas yang harus dikerjakan akan terlihat menjadi lebih sederhana dan diketahui urutan pengerjaannya. Sedemikian diharapkan para pelaku konstruksi akan dapat melakukan pekerjaannya dengan baik dimana kompleksitas yang terjadi akan well manage. Aplikasi ini dapat digunakan pada beberapa hal, sebagai contoh adalah sebagai berikut:

  • Analisis decision making tindakan smart project efficiency
  • Analisis decision making dalam problem solving suatu masalah
  • Dan lain-lain

Analisis ini adalah suatu tool yang membagi begitu banyak pekerjaan yang harus dilakukan dalam empat kuadran atau level terbaik suatu keputusan atas alternatif yang tersedia. Analisis ini dilakukan dengan menilai tiap pekerjaan dalam dua aspek yaitu tingkat kemudahan dan tingkat dampak dalam skala 1-5. Pada dasarnya terdapat beberapa cara dalam melakukan decision making analysist, namun analisis dampak dan tingkat kemudahan dinilai paling praktis dan mudah untuk dilaksanakan oleh proyek.

Dikarenakan bahwa dalam pekerjaan proyek dituntut cara kerja yang cepat dan efektif, maka analisis ini dapat dibuat program sederhana dengan menggunakan program excel. Program ini juga dibuat dengan sederhana, dimana fitur microsoft excel yang digunakan ada empat yaitu:

  • Data validation (list) untuk mengurangi aktifitas pengetikan
  • Function IF
  • Function VLOOKUP, untuk mempercepat menentukan tingkat prioritas hasil penilaian
  • Grafik, untuk memudahkan melihat garis besar area level keputusan

 

Tampilan format decision making analysist

Adapun cara melakukan analisis ini dengan cepat adalah dengan melakukan empat langkah sederhana, yaitu:

  • Identifikasi langkah dan aktifitas yang diperlukan
  • Cek kemungkinan aplikasi. Tindakan ini adalah sebagai filter pertama jika rencana aktifitas jelas tidak layak untuk dilaksanakan seperti melanggar hukum dan lainnya.
  • Menilai tingkat dampak. Disini tiap aktifitas akan dinilai dalam skala 1-5 dimana nilai 1 berarti dampak sangat kecil dan nilai 5 berarti dampak sangat tinggi
  • Menilai tingkat kemudahan. Disini tiap aktifitas akan dinilai dalam skala 1-5 dimana nilai 1 berarti sangat sulit dan nilai 5 berarti sangat mudah untuk dilakukan.
  • Cek grafik untuk melihat peta level keputusan strategi.
  • Pemilihan dilakukan pada level 1 dan 2. Namun dengan mengkaji ulang apakah pada level 3-4 terdapat strategi berdampak besar yang perlu effort khusus untuk naik ke level 1-2.

 

Grafik peta tingkat prioritas pekerjaan

 

(Untuk berdiskusi dan konsultasi terkait permasalahan Project Management yang sedang dihadapi, silahkan klik – Konsultasi. Untuk melihat lengkap seluruh judul posting, silahkan klik – Table of Content.)
Did you like this? Share it:
This entry was posted in Manajemen Proyek, Manajemen Waktu, Riset, Inovasi & Teknologi and tagged , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Aplikasi Excel Analisis Keputusan Untuk Efektifitas Bekerja Di Proyek

  1. eddy hermanto says:

    excellence mas, cuma kurang didetailkan sedikit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>