Proses estimasi biaya proyek merupakan proses yang memperkirakan biaya yang paling mungkin atas sumber daya yang akan digunakan yang diperlukan pada tiap aktivitas-aktivitas untuk penyelesaian proyek. Proses ini dituntut untuk menghasilkan estimasi dengan tingkat akurasi setinggi-mungkin atas tingkat defisini proyek yang ada sehingga memerlukan semua kompetensi terkait estimasi biaya dan kompetensi atas produk yang akan dihasilkan.

Terdapat beberapa masukan dalam melakukan proses ini berdasarkan standar PMBOK 5th Edition. Komponen beserta definisi atau rincian atau penjelasan singkat serta fungsi utama terkait diberikan pada Tabel di bawah ini :

Masukan Proses Estimasi Biaya

Pada rencana manajemen SDM harus memperhatikan besaran lingkup pekerjaan yang dapat mempengaruhi jumlah SDM, schedule pelaksanaan yang menentukan jadwal SDM tertentu diperlukan, tingkat kesulitan metode pelaksanaan yang menentukan kualitifikasi SDM, dan informasi terkait lainnya.

Pernyataan lingkup proyek menginformasikan deskripsi produk, kriteria penerimaan, hasil pekerjaan utama, batasan proyek, asumsi-asumsi, dan kendala terkait proyek. WBS menginformasikan komponen rincian hasil pekerjaan proyek. WBS dictionary menginformasikan informasi rinci atas deskripsi pekerjaan pada tiap komponen WBS.

Acuan lingkup dapat berupa gambar, term of reference, rencana kerja dan syarat, dan berbagai dokumen resmi terkait yang melengkapi acuan lingkup. Dokumen gambar dapat dibuat dalam secara 3D dalam bentuk gambar maupun maket. Informasi tambahan yang diperlukan adalah syarat K3, lingkungan, keamanan, asuransi, lisensi, dan perijinan.

Jadwal proyek memberikan beberapa informasi penting yang diperlukan pada proses ini. Sumber daya aktivitas jadwal memberikan informasi jenis penggunaan sumber daya, estimasi sumber daya aktivitas memberikan informasi volume kebutuhan sumber daya aktivitas proyek, dan estimasi durasi aktivitas, memberikan informasi durasi penggunaan sumber daya aktivitas.

Daftar risiko berupa risiko yang berdampak negatif yang menghasilkan biaya dan peluang yang berdampak positif yang akan menyeimbangkan dampak negatif. Peluang dapat dari database inovasi atau cost reduction perusahaan yang dikembangkan untuk menghasilkan biaya proyek yang murah namun tetap memiliki kualitas sesuai persyaratan. Daftar risiko dikaji untuk menentukan biaya risiko.

Faktor lingkungan usaha utama yang harus dipertimbangkan dalam proses ini adalah kondisi pasar yang menyangkut ketersediaan sumber daya yang diperlukan, dan kondisi supply – demand yang mempengaruhi harga sumber daya. Faktor lain adalah informasi komersial yang dipublikasikan.

Referensi : Buku Advanced and Effective Project Management

Untuk melihat daftar artikel ⇒ Table of Content, dan konsultasi Project Management ⇒ Konsultasi. Daftar karya ada pada ⇒ Innovation Gallery, dan daftar riset pada ⇒ Research Gallery

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AlphaOmega Captcha Classica  –  Enter Security Code