Menurut PMBOK 5th Edition, proses perencanaan manajemen biaya (Plan Cost Management) adalah proses yang menetapkan kebijakan-kebijakan, prosedur-prosedur, dan dokumentasi untuk perencanaan, pengelolaan, pembelanjaan, dan pengendalian biaya. Hasil proses ini akan memberikan pedoman dan cara mengelola biaya baik perencanaan maupun pengendalian sepanjang proyek.

Hasil proses ini berupa suatu metodologi penting yaitu rencana manajemen biaya. Metodologi ini berhubungan secara tidak langsung dengan proses manajemen biaya selanjutnya. Penjelasan kegunaan hasil-hasil proses ini adalah sebagai berikut :

  1. Metodologi ini akan digunakan pada proses perencanaan biaya selanjutnya yaitu estimasi biaya dan penentuan anggaran. Dimana metodologi telah merencanakan bagaimana kedua proses tersebut dilakukan.
  2. Metodologi ini digunakan untuk identifikasi risiko yang dapat terjadi pada proses-proses manajemen biaya. Hasilnya adalah daftar risiko atas proses manajemen biaya.
  3. Metodologi ini juga memberikan pedoman atas penetapan dan pengelolaan cadangan risiko yang diperlukan dalam penilaian analisis risiko kuantitatif.

Proses perencanaan manajemen biaya proyek direkomendasikan untuk dirinci menjadi beberapa kegiatan untuk memudahkan dalam pelaksanaannya. Adapun rekomendasi rincian kegiatan tersebut seperti yang ditunjukkan pada Tabel di bawah ini :

Rekomendasi Kegiatan-kegiatan Proses Merencanakan Manajemen Biaya

Penjelasan kegiatan-kegiatan yang merupakan rincian proses perencanaan manajemen biaya yang terdapat pada Tabel 9.9 di atas adalah sebagai berikut :

Merumuskan pedoman proses – Merupakan kegiatan untuk memahami berbagai prosedur dalam aset proses organisasi dan rencana manajemen proyek yang menjadi pedoman seluruh proses manajemen biaya dan menyimpulkannya ke dalam rangkuman pedoman proses perencanaan manajemen biaya.  Semua alat dan teknik dapat digunakan pada kegiatan ini. Contoh perumusan pedoman proses dapat dilihat pada Tabel di bawah ini

Contoh Rangkuman Pedoman Proses Merencanaan Manajemen Biaya

Menentukan faktor lingkungan usaha – Merupakan kegiatan yang menggali berbagai faktor eksternal dan internal yang mungkin akan mempengaruhi seluruh proses manajemen biaya. Identifikasi faktor dapat dengan memperhatikan informasi historis dan lesson learned dalam rangkuman pedoman proses dan dilanjutkan dengan penentuan faktor tersebut yang didokumentasikan dalam bentuk daftar faktor usaha. Semua alat dan teknik dapat digunakan pada kegiatan ini. Contoh daftar faktor usaha dapat dilihat pada Tabel di bawah ini

Contoh Daftar Faktor Lingkungan Usaha

Interpretasi project charter dan rencana manajemen proyek – Merupakan kegiatan yang mempelajari dan menginterpretasi project charter dan rencana manajemen proyek untuk memahami kondisi proyek yang akan dikerjakan dan rencana pengelolaannya terkait dengan perencanaan manajemen biaya yang sesuai, efektif, dan stratejik pada proyek.

Membuat rencana manajemen biaya – Kegiatan yang merencanakan bagaimana biaya dan cash flow akan diestimasi, ditentukan anggarannya, dan dipantau serta dikendalikan berdasarkan rangkuman pedoman proses dan dengan memperhatikan faktor-faktor lingkungan usaha yang paling mempengaruhi yang terdapat dalam daftar faktor usaha. Semua alat dan teknik digunakan pada kegiatan ini. Contoh hasil perencanaan ini dapat dilihat pada Tabel di bawah ini

Contoh Rencana Manajemen Biaya

Referensi : Buku Advanced and Effective Project Management

Untuk melihat daftar artikel ⇒ Table of Content, dan konsultasi Project Management ⇒ Konsultasi. Daftar karya ada pada ⇒ Innovation Gallery, dan daftar riset pada ⇒ Research Gallery

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AlphaOmega Captcha Classica  –  Enter Security Code