Menurut PMBOK 5th Edition, proses estimasi sumber daya aktivitas merupakan proses yang mengestimasi jenis dan jumlah kebutuhan sumber daya untuk pelaksanaan aktivitas yang berupa material, tenaga kerja, alat, dan lainnya. Estimasi ini akan digunakan untuk perkiraan durasi aktivitas dan biaya. Terdapat beberapa masukan dalam melakukan proses ini berdasarkan standar PMBOK 5th Edition. Komponen beserta definisi atau rincian atau penjelasan singkat serta fungsi utama terkait diberikan pada Tabel di bawah ini :

Masukan Proses Estimasi Sumber Daya Aktivitas

Rincian dan penjelasan atas beberapa aset-aset proses organisasi yang dapat mempengaruhi proses pengurutan aktivitas adalah sebagai berikut :

  • Policy dan prosedur terkait staffing – Merupakan kebijakan dan prosedur organisasi dalam penempatan personil proyek.
  • Policy dan prosedur terkait pengadaan sumber daya – Terutama atas material dan alat yang diperlukan. Misalnya ketentuan alat harus memiliki sertifikat tertentu, material harus memenuhi standar SNI, daftar vendor potensial, dan lain-lain.
  • Informasi historis – Informasi proyek sebelumnya atas penggunaan sumber daya yang akan digunakan yang dapat berupa track record atau lesson learned atau kondisi sumber daya terkini.

Dalam melakukan proses ini terdapat beberapa alat dan teknik berdasarkan standar PMBOK 5th Edition yang dapat digunakan. Rincian alternatif beserta definisi dan tujuan diberikan pada Tabel berikut :

Alat dan Teknik Proses Estimasi Sumber Daya Aktivitas

Penjelasan-penjelasan tambahan berikut contoh atas alat dan teknik yang ada pada tabel di atas, disampaikan sebagai berikut :

  • Analisis Alternatif – Analisis alternatif dapat termasuk alternatif penggunaan atas variasi sumber daya seperti jenis, kelas atau ukuran, produktifitas, kemampuan sumber daya, dan variasi lainnya. Analisis ini termasuk analisis pengambilan keputusan untuk mengadakan sendiri atau menyewa atau menggunakan subkontraktor. Contohnya adalah pada penentuan pengiriman material ke lokasi proyek dimana tersedia dua jalur yaitu sungai dan darat. Keduanya memiliki perbedaan waktu dan harga atas komponen aktivitas pengiriman yang harus dianalisis untuk ditentukan yang terbaik.
  • Estimasi Bottom-up – Metode estimasi durasi aktivitas dengan menjumlahkan seluruh durasi yang diperlukan oleh rincian pekerjaan di bawah aktivitas.

Proses estimasi sumber daya aktivitas berdasarkan standar PMBOK 5th Edition akan menghasilkan kebutuhan dan struktur sumber daya aktivitas. Penjelasannya diberikan pada Tabel berikut ini :

Hasil Proses Proses Estimasi Sumber Daya Aktivitas

Dokumentasi kebutuhan sumber daya dapat berupa dasar perkiraan untuk setiap sumber daya, tetapan asumsi dalam menentukan jenis sumber daya, ketersediaannya, dan jumlah yang digunakan. Sumber daya termasuk tenaga kerja, material, peralatan, dan perlengkapan.

Referensi : Buku Advanced and Effective Project Management

Untuk melihat daftar artikel ⇒ Table of Content, dan konsultasi Project Management ⇒ Konsultasi. Daftar karya ada pada ⇒ Innovation Gallery, dan daftar riset pada ⇒ Research Gallery

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AlphaOmega Captcha Classica  –  Enter Security Code