Menurut PMBOK 5th Edition, proses ini adalah proses yang mengembangkan suatu deskripsi rinci atas proyek atau produk. Manfaat utama proses ini adalah akan mendeskripsikan proyek, jasa, atau batasan dengan mendefinisikan persyaratan yang telah dikumpulkan masuk atau di luar lingkup proyek. Adapun rincian dan alur proses mendefinisikan lingkup yang berdasarkan pada standar PMBOK 5th Edition, dapat dilihat pada Tabel di bawah ini :

Proses Mendefinisikan Lingkup

Proses ini dilakukan berdasarkan pada hasil proses sebelumnya yaitu perencanaan manajemen lingkup, membuat project charter, membuat dokumentasi persyaratan dan kondisi perusahaan / organisasi berupa rencana manajemen lingkup, project charter, dokumentasi persyaratan, dan aset-aset proses organisasi.

Terdapat beberapa alat dan teknik yang dapat digunakan yaitu pendapat ahli, analisis produk, alternatives generation, dan facilitated workshops. Kesemua alat dan teknik tersebut disarankan untuk dipergunakan semuanya untuk mendapatkan suatu pendefinisian lingkup yang baik dan jelas serta sesuai dengan persyaratan yang telah dihasilkan dari proses pengumpulan persyaratan.

Proses ini direkomendasikan untuk diuraikan menjadi rangkaian kegiatan-kegiatan untuk memudahkan pemahaman dan implementasi proses. Kegiatan-kegiatan tersebut adalah :

  1. Melakukan evaluasi dan seleksi persyaratan.
  2. Mengajukan persetujuan persyaratan terseleksi.
  3. Membuat pernyataan lingkup proyek.

Berdasarkan PMBOK 5th Edition, proses mendefinisikan lingkup akan menghasilkan beberapa keluaran, yaitu :

  1. Pernyataan Lingkup Proyek – Merupakan key deliverable pada proses ini yang digunakan sebagai basis utama pada proses Membuat WBS karena memuat informasi lingkup yang definitif untuk dibuatkan rinciannya. Pernyataan lingkup proyek juga diperlukan pada proses-proses manajemen waktu yaitu mengurutkan aktivitas, estimasi durasi aktivitas, dan pembuatan schedule.
  2. Pembaruan Dokumen-dokumen proyek – Adanya dokumen yang berisi lingkup yang definitif akan menambah atau memperbarui kumpulan dokumen-dokumen proyek yang harus didokumentasi.

Referensi : Buku Advanced and Effective Project Management

Untuk melihat daftar artikel ⇒ Table of Content, dan konsultasi Project Management ⇒ Konsultasi. Daftar karya ada pada ⇒ Innovation Gallery, dan daftar riset pada ⇒ Research Gallery

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AlphaOmega Captcha Classica  –  Enter Security Code