Tim proyek adalah kelompok individu termasuk project manager yang bertindak bersama-sama dalam melakukan pekerjaan proyek untuk mencapai tujuannya. Tim ini terdiri dari individu-individu dari kelompok yang berbeda dengan pengetahuan subyek tertentu atau dengan keahlian khusus untuk melaksanakan pekerjaan proyek. Struktur dan karakteristik dari tim proyek dapat bervariasi sesuai kebutuhan atau tuntutan proyek. Tim proyek meliputi peran seperti :

  • Staf manajemen proyek – Para anggota tim yang melakukan aktivitas manajemen proyek seperti penjadwalan, penganggaran, pelaporan dan kontrol, komunikasi, manajemen risiko dan administrasi mendukung. Peran ini dapat dilakukan atau didukung oleh kantor manajemen proyek (PMO).
  • Staf proyek – Para anggota tim yang melaksanakan pekerjaan menciptakan hasil kerja proyek.
  • Ahli pendukung – Ahli mendukung melakukan kegiatan yang diperlukan untuk mengembangkan atau melaksanakan rencana pengelolaan proyek seperti kontraktor, manajemen keuangan, logistik, hukum, keselamatan, teknik, tes, atau kontrol kualitas.
  • Pengguna atau pelanggan – Anggota organisasi yang akan menerima hasil kerja atau produk proyek dapat ditugaskan untuk bertindak sebagai wakil atau penghubung untuk  memastikan koordinasi yang baik, saran terkait persyaratan, atau memvalidasi penerimaan hasil proyek.
  • Penjual atau Sellers – Penjual, juga disebut vendor, pemasok, kontraktor, pengawas, perusahaan-perusahaan eksternal yang masuk ke dalam perjanjian kontrak untuk menyediakan komponen atau jasa yang diperlukan untuk proyek tersebut.
  • Anggota mitra bisnis – Anggota organisasi mitra bisnis mungkin ditunjuk sebagai anggota dari tim proyek untuk memastikan koordinasi yang baik.
  • Mitra bisnis – Mitra bisnis adalah perusahaan eksternal, tetapi mereka memiliki hubungan khusus dengan perusahaan. Mitra bisnis menyediakan keahlian khusus atau mengisi peran tertentu seperti instalasi, kustomisasi, pelatihan, atau dukungan.

Menjadi suatu tujuan bagi seorang project manager untuk dapat mengelola seluruh tim proyek dengan efektif baik dari peran dan kompetensinya secara kolektif. Project manager juga harus mengembangkan kapabilitas tim proyek untuk sesuai dengan kebutuhan proyek. Keberhasilan mengembangkan kemampuan tim proyek baik dengan mentoring atau cara lain seperti memberikan job assignment atau tantangan khusus akan meningkatkan keberhasilan proyek dan juga kepuasan tim proyek. Selanjutnya tim akan terus termotivasi dan engagement tinggi dengan proyek.

Menurut PMBOK 5th Edition, komposisi tim proyek bervariasi berdasarkan faktor-faktor seperti budaya organisasi, ruang lingkup, dan lokasi. Hubungan antara project manager dan tim bervariasi tergantung pada otoritas project manager. Berikut ini adalah contoh komposisi tim proyek dasar:

  • Didedikasikan (Dedicated) – Dalam tim yang didedikasikan, semua atau sebagian besar anggota tim proyek yang ditugaskan untuk bekerja secara waktu penuh (full-time) pada proyek. Tim proyek biasanya melapor langsung kepada project manager. Ini adalah struktur yang paling sederhana untuk project manager, sebagai jalur kewenangan yang jelas dan anggota tim dapat fokus pada tujuan proyek.
  • Paruh waktu (Part-Time) – Beberapa proyek yang ditetapkan sebagai pekerjaan tambahan sementara, dengan project manager dan anggota tim bekerja pada proyek namun tetap dalam organisasi mereka yang ada dan terus melaksanakan fungsi normal mereka. Manajer fungsional mempertahankan kontrol atas anggota tim dan sumber daya yang dialokasikan untuk proyek.

Kedua komposisi tim proyek dapat ada dalam salah satu struktur organisasi yang tergantung dengan kebutuhan proyek dan seringkali karena keterbatasan sumber daya. Tim proyek yang didedikasikan sering terlihat dalam organisasi projectized, di mana sebagian besar sumber daya organisasi yang terlibat dalam pekerjaan proyek dan project manager memiliki banyak kebebasan dan otoritas. Tim proyek paruh waktu umum dalam organisasi fungsional, dan organisasi matriks menggunakan kedua jenis komposisi tim.

Referensi : Buku Advanced and Effective Project Management

Untuk melihat daftar artikel ⇒ Table of Content, dan konsultasi Project Management ⇒ Konsultasi. Daftar karya ada pada ⇒ Innovation Gallery, dan daftar riset pada ⇒ Research Gallery

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AlphaOmega Captcha Classica  –  Enter Security Code