Publikasi Buku

ADVANCED & EFFECTIVE PROJECT MANAGEMENT

Dengan telah ditabuhnya gong era globalisasi MEA, maka tak lama lagi lingkungan usaha akan menjadi lebih dinamis dan membuat tingkat persaingan menjadi lebih tinggi yang berpotensi memicu turbulensi organisasi. Di sisi lain, tingkat maturity pengelolaan proyek di Indonesia dianggap masih belum memadai, yang menyebabkan tingginya kegagalan proyek yang berdampak pada kurang berhasilnya rencana stratejik dan transformasi organisasi.

Lemahnya kompetensi manajemen proyek, dilema obyektif dan kendala proyek yang tinggi, serta lingkungan yang masih KKN dengan halusinasi pencitraan dinilai sebagai faktor yang mendesak untuk segera diperbaiki. Hal ini menjadi inisiasi penulis untuk berkontribusi nyata dengan membuat buku manajemen proyek yang dapat menjadi salah satu acuan komprehensif bagi para praktisi manajemen proyek di Indonesia untuk bangkit dan maju dengan karya yang berdaya saing tinggi pada level internasional.

 

KONSEP BUKU

Pembahasan manajemen proyek dimulai dari pembahasan manajemen stratejik yang menghasilkan blue print strategic planning yang pada dasarnya berisi portofolio proyek. Buku ini menjelaskan manajemen proyek secara konseptual dan sistematis yang fokus pada kompetensi inti manajemen proyek. Pada tiap kompetensi inti tersebut, diberikan prinsip-prinsip dasar pengelolaan, penjelasan rinci tiap proses yang ada termasuk input, output, serta alat dan teknik yang digunakan yang berdasarkan standar PMBOK 5th Edition. Penjelasan ini dilengkapi dengan contoh-contoh yang aplikatif agar materi dapat mudah dipahami dengan cepat. Diberikan pula informasi permasalahan beserta faktor risiko pengelolaan proyek yang diikuti oleh rekomendasi langkah yang stratejik untuk mengatasinya dengan tujuan implementasi yang lebih dan efektif.

Pada tiap Bab diberikan beberapa topik khusus yang menunjang pengetahuan dan wawasan yang terkait pada Bab tersebut. Hal ini agar pembaca memiliki kompetensi yang lebih baik dan lengkap. Beberapa topic khusus merupakan penjelasan yang lebih rinci, pengalaman sukses, lesson learned penting, aplikasi pada kontraktor, dan rekomendasi strategi khusus.

 

KONTEN

Dari aspek konten, buku ini berisi 10 Bab yang membahas secara rinci dan sistematis mengenai manajemen proyek yang dimulai dari perencanaan stratejik organisasi / perusahaan hingga penutupan proyek. Adapun rincian atas daftar isi adalah sebagai berikut :

 

  • BAB 1 : Strategi Organisasi dan Proyek - Bab ini menjelaskan keterkaitan antara pengelolaan stratejik dengan pengelolaan proyek. Strategi organisasi hasil perencanaan stratejik akan menghasilkan berbagai proyek dan program sebagai elemen taktikal yang dapat digabungkan ke dalam suatu portofolio proyek. Hal ini berarti keberhasilan pengelolaan suatu proyek akan meningkatkan pencapaian tujuan organisasi. Pentingnya keberhasilan proyek-proyek dalam portofolio tersebut dan dengan berbagai keterbatasan sumber daya, menuntut pengelolaan yang memadai dan optimal oleh bagian khusus organisasi yang disebut PMO (Project Management Office). Pada Bab ini juga diberikan tambahan wawasan mengenai strategi organisasi dari masa ke masa dengan memperhatikan perkembangan proyek konstruksi di dunia sejak jaman Neolitik.
  • BAB 2 : Kelayakan Proyek - Bab ini akan menjelaskan secara mendasar mengenai kelayakan proyek yang perlu dilakukan terutama dalam menentukan proyek yang membutuhkan biaya investasi dan pendanaan yang besar, berisiko tinggi, kompleks, dan sangat berpengaruh pada perusahaan. Aspek kelayakan proyek yang dibahas antara lain aspek pasar, teknis, finansial, sosial – ekonomi, pendanaan, dan lingkungan. Setiap aspek akan diberikan pembahasan mengenai elemen dan kriteria-kriteria kelayakannya serta beberapa rekomendasi agar analisis kelayakan proyek memiliki akurasi yang memadai. Disampaikan pula studi kasus beberapa kegagalan proyek kelas dunia sebagai lesson learned yang berharga untuk meningkatkan kualitas analisis kelayakan proyek.
  • BAB 3 :  Manajemen Proyek Secara Efektif - Bab ini akan menjelaskan prinsip-prinsip penting atas manajemen proyek yang efektif yang berupa pemilihan metodologi manajemen proyek yang sesuai, pengelolaan project constraints yang efektif, pemahaman yang benar dan sama atas project success, dan pengelolaan kompleksitas proyek. Elemen-elemen yang mempengaruhi efektifitas pengelolaan proyek dibahas cukup mendalam seperti organisasi, stakeholder, tata kelola proyek, project manager, dan tim proyek. Di samping itu, disampaikan pula konsep pengelolaan proyek secara stratejik yang mengadopsi konsep manajemen stratejik. Konsep ini akan membawa pada pengelolaan proyek yang fokus pada tercapainya obyektif proyek.
  • BAB 4 : Perkembangan Manajemen Proyek - Pada Bab ini akan dibahas perkembangan manajemen proyek baik di dunia maupun di Indonesia. Bagian yang penting pada Bab ini adalah pada pembahasan tingkat maturitas manajemen proyek yang menjadi indikator penting bagi organisasi dalam meningkatkan kesuksesan pelaksanaan proyek-proyeknya, termasuk beberapa rekomendasi dalam meningkatkan tingkat maturitas manajemen proyek. Perkembangan manajemen proyek terkini juga disampaikan untuk meningkatkan kualitas manajemen proyek. Beberapa diantaranya adalah manajemen proyek secara online, Building Information Modelling (BIM), dan implementasi manajemen proyek pada Enterprise Resources Planning (ERP). Pembahasan khusus Bab ini berupa implikasi MEA dan rekomendasi strateginya pada industri jasa konstruksi di Indonesia. Di samping itu, diberikan pula studi kasus kegagalan dan keberhasilan terbesar manajemen proyek di dunia.
  • BAB 5 : Pengantar Standar Manajemen Proyek - Bab ini mulai menjelaskan mengenai standar manajemen proyek yang terkini di dunia yaitu PMBOK 5th Edition. Konsep-konsep penting dalam manajemen proyek modern yang dibahas pada Bab ini, diantaranya adalah konsep siklus hidup proyek, fase proyek, proses-proses manajemen proyek, dan area pengetahuan proyek. Dibahas pula mengenai usulan konsep kegiatan proyek sebagai “activity” atas proses manajemen proyek yang akan memudahkan dalam pemahaman dan implementasi proses-proses manajemen proyek. Pertanyaan akan bagaimana kontraktor atau pihak seller lainnya dalam implementasi PMBOK, akan terjawab dan dibahas pada bagian akhir Bab ini.
  • BAB 6 : Manajemen Stakeholder - Bab ini akan membahas secara rinci mengenai pengelolaan stakeholder yang efektif berdasarkan PMBOK 5th Edition. Pembahasan prinsip dasar manajemen stakeholder akan menjelaskan seluruh proses secara ringkas. Selanjutnya dibahas seluruh proses manajemen stakeholder secara terperinci dan dilengkapi dengan contoh-contoh penjelas yang aplikatif. Pada pembahasan tiap proses, akan dijelaskan masukan, alat dan teknik, keluaran serta rekomendasi kegiatan-kegiatan. Diberikan pula informasi mengenai permasalahan, faktor-faktor penyebab, dan rekomendasi langkah mitigasi dalam implementasinya. Bab ini juga memberikan tambahan pengetahuan yang sangat mendukung implementasi pengelolaan stakeholder seperti model perbedaan budaya dan pemanfaatannya, rekomendasi manajemen stakeholder pada megaproject, dan pengetahuan atas teknik negosiasi.
  • BAB 7 : Manajemen Lingkup - Bab ini akan membahas secara rinci mengenai pengelolaan lingkup yang efektif berdasarkan PMBOK 5th Edition. Pembahasan prinsip dasar manajemen lingkup akan menjelaskan seluruh proses secara ringkas. Selanjutnya dibahas seluruh proses manajemen lingkup secara terperinci dan dilengkapi dengan contoh-contoh penjelas yang aplikatif. Pada pembahasan tiap proses, akan dijelaskan masukan, alat dan teknik, keluaran serta rekomendasi kegiatan-kegiatan. Diberikan pula informasi mengenai permasalahan, faktor-faktor, dan rekomendasi langkah mitigasi dalam implementasinya. Bab ini juga memberikan tambahan pengetahuan seperti perbedaan pengelolaan lingkup oleh kontraktor, rekomendasi tindakan mengatasi scope creep, dan implikasi kontrak lump sum pada manajemen lingkup oleh kontraktor.
  • BAB 8 : Manajemen Waktu - Bab ini akan membahas secara rinci mengenai pengelolaan waktu yang efektif berdasarkan PMBOK 5th Edition. Pembahasan prinsip dasar manajemen waktu akan menjelaskan seluruh proses secara ringkas. Selanjutnya dibahas seluruh proses manajemen waktu secara terperinci dan dilengkapi dengan contoh-contoh penjelas yang aplikatif. Pada pembahasan tiap proses, akan dijelaskan masukan, alat dan teknik, keluaran serta rekomendasi kegiatan-kegiatan. Diberikan pula informasi mengenai permasalahan, faktor-faktor, dan rekomendasi langkah mitigasi dalam implementasinya. Bab ini juga memberikan tambahan pengetahuan seperti metode critical path, metode least cost anaylsis, dan berbagai strategi percepatan proyek konstruksi yang terbaik.
  • BAB 9 : Manajemen Biaya - Bab ini akan membahas secara mendalam mengenai pengelolaan biaya yang efektif berdasarkan PMBOK 5th Edition. Pembahasan prinsip dasar manajemen biaya akan menjelaskan seluruh proses secara ringkas. Pembahasan seluruh proses manajemen biaya secara terperinci dan dilengkapi dengan contoh-contoh penjelas yang aplikatif. Pada pembahasan tiap proses, akan dijelaskan masukan, alat dan teknik, keluaran serta rekomendasi kegiatan-kegiatan. Diberikan juga pembahasan permasalahan, faktor-faktor, dan rekomendasi tindakan mitigasi dalam implementasinya. Bab ini juga memberikan tambahan pengetahuan seperti perbedaan manajemen biaya oleh kontraktor dan usulan konsep pengurangan biaya konstruksi secara stratejik atau SCCR (Strategic Construction Cost Reduction).
  • BAB 10 : Manajemen Kualitas - Bab ini akan membahas secara rinci mengenai pengelolaan kualitas yang efektif berdasarkan PMBOK 5th Edition. Pembahasan prinsip dasar manajemen kualitas akan menjelaskan seluruh proses secara ringkas. Pembahasan seluruh proses manajemen kualitas secara terperinci dan dilengkapi dengan contoh contoh penjelas yang aplikatif. Pada pembahasan tiap proses, akan dijelaskan masukan, alat dan teknik, keluaran serta rekomendasi kegiatan-kegiatan. Dibahas pula permasalahan, faktor-faktor, dan rekomendasi langkah mitigasi dalam implementasinya. Bab ini juga memberikan tambahan pengetahuan seperti kumpulan kegagalan konstruksi yang sering terjadi beserta rekomendasi tindakan preventif dan korektif.

 

KEUNGGULAN

Buku ini memiliki keistimewaan dibandingkan dengan buku manajemen proyek lainnya, baik dari referensi acuan, konten, penyajian, dan layout. Dari referensi acuan, buku ini memiliki beberapa kelebihan, yaitu :

  • Mengacu pada salah satu standar manajemen proyek dunia yang paling banyak digunakan yaitu PMBOK 5th Edition.
  • Memasukkan berbagai hasil penelitian manajemen proyek terkini.
  • Mengadopsi konten buku dan artikel yang dianggap relevan dan bernilai tinggi.
  • Berisi hasil pengalaman sukses dan lesson learned selama memimpin pelaksanaan pekerjaan proyek-proyek konstruksi.
  • Berbagai lesson learned pelaksanaan proyek kelas dunia.

Beberapa konten buku merupakan inovasi manajemen proyek pilihan. Pertama adalah rekomendasi konsep rincian kegiatan sebagai activity atas suatu proses yang merupakan elemen WBS atas manajemen proyek. Konsep ini bertujuan agar proses menjadi lebih mudah untuk diimplementasikan. Kedua adalah konsep strategic project management untuk pengelolaan proyek yang lebih efektif. Ketiga adalah konsep pengurangan biaya konstruksi secara stratejik atau strategic construction cost reduction (SCCR) hasil pengalaman penulis juga dijelaskan secara khusus dalam buku ini.

Penyajian isi konten dan layout buku ini dirancang secara khusus yang mengacu pada standar buku-buku internasional sedemikian hingga menarik, mudah untuk dibaca dan dipahami.

 

REKOMENDASI PENGGUNA

Kombinasi atas berbagai keistimewaan di atas, menjadikan buku ini sangat direkomendasikan untuk dibaca oleh para executive atau owner, kontraktor, dan juga pihak ketiga yang terlibat dalam pengelolaan proyek pada berbagai industri.

Minimnya buku-buku manajemen proyek di Indonesia yang mengacu standar manajemen proyek seperti PMBOK 5th Edition, hasil penelitian terkini dan berisi pengalaman sukses dalam mengelola proyek secara komprehensif, telah menjadikan buku ini  sebagai buku yang direkomendasikan oleh akademisi dari berbagai universitas besar sebagai salah satu referensi kuliah manajemen proyek di kampus agar mahasiswa tingkat lanjut dapat lebih siap untuk terjun dalam dunia kerja yang dengan tingkat kompetisi yang tinggi pada era MEA.

 

PEMESANAN

Edisi perdana buku dengan jumlah 680 halaman ini, pada dasarnya diterbitkan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Namun pihak eksternal dapat membeli apabila masih tersedia dengan mengisi form aplikasi pemesanan buku di bit.ly/BukuPM . Selanjutnya buku akan dipasarkan di toko buku dalam waktu 3-6 bulan kedepan.

 

TESTIMONI

  • Ir. Lukman Hidayat., Direktur PT. PP (Persero) Tbk. “Buku ini sangat baik untuk dibaca oleh praktisi maupun akademisi di Indonesia. Hal ini karena pada buku ini berisi banyak teori dan best practice manajemen proyek, serta studi kasus. Sehingga memberikan gambaran nyata atas kondisi di lapangan”.
  • Ir. Aprindy M.T., Direktur PT. PP (Persero) Tbk. – “Tidak mudah untuk mendapatkan buku referensi berbahasa Indonesia yang membahas secara komprehensif tentang project management berbasis PMBOK. Dengan pengalaman Penulis yang terlibat secara langsung di berbagai jenis proyek konstruksi dalam kurun waktu yang lama, isi buku ini menjadi menarik dengan adanya topik khusus dan studi kasus pada hampir setiap bab, serta ditulis dengan bahasa sederhana dan sistematis sehingga sangat membantu pemahaman atas materi tulisan. Buku ini dapat dijadikan referensi bagi para praktisi maupun akademisi serta memberikan konstribusi positif bagi seluruh pemangku kepentingan pada berbagai sektor industri khususnya industri konstruksi”.
  • Ir. Daryatno, Presiden Direktur PT. PP (Persero) Tbk. Periode 1995 – 2003Saya sangat menghargai karya tulis ini. Penulis yang setau saya menghabiskan waktu, tenaga, dan pikiran lebih di lapangan, ternyata mampu juga berkarya menulis buku dengan hasil tulisan yang sangat rinci dengan alur yang mudah diikuti. Dunia konstruksi kita sangat banyak menghasilkan ilmu, teknik pelaksanaan, manajemen, pengalaman, yang seharusnya bisa dibukukan untuk semua kalangan yang berkecimpung di dunia konstruksi. Saya yakin buku ini sangat bermanfaat untuk perkembangan dunia konstruksi di tanah air”.
  • Ir. Hadjar Seti Adji M.Eng.Sc., IPU., Kadiv. Perencanaan Strategis, Riset, & Teknologi PT. PP (Persero) Tbk. – “Adalah sulit untuk mendapatkan buku tentang Project Management yang bisa menggambarkan secara komperehensif dan lengkap tentang jabaran ilmu ini. Buku ini adalah salah satu buku yang menurut saya berhasil memberikan gambaran dan pemahaman  secara rinci dan sistematis tentang Project Management. Adalah membanggakan buat saya yang kesehariannya bekerja bersama Penulis yang sibuk luar biasa sebagai Manajer Riset dan Inovasi PT. PP (Persero) Tbk., namun ternyata masih dapat meluangkan waktunya untuk memberikan karya bagus ini yang Insya Allah akan bermanfaat bagi banyak pihak di negeri ini”.
  • Prof. Dr. Ir. Yusuf Latief M.T., Ketua Prodi Manajemen Proyek Teknik Sipil UI - “Buku ini ditulis dengan bahasa yang sederhana dan sangat mudah dipelajari. Sebagai buku acuan dan pegangan para praktisi dan akademisi yang sangat berharga di bidang industri konstruksi. Kekuatan buku ini terletak pada ilustrasi proyek nyata yang dikelola dengan pendekatan manajemen proyek, sehingga pembaca pemula dapat dengan mudah memahami isi dari setiap bagian ke bagian lainnya. Keberadaan buku ini, akan dapat dilakukan perbaikan dalam pengelolaan proyek terutama konstruksi agar dapat meningkatkan daya saing”.
  • Ashar Saputra S.T.,M.T.,Ph.D., Dosen Teknik Sipil UGM – “Buku ini menarik untuk dibaca, terutama oleh para praktisi jasa konstruksi yang ingin mengembangkan kemampuannya dalam bidang manajemen konstruksi. Perubahan paradigma dalam menjalankan sebuah proyek terasa kuat sekali dalam membaca masing-masing bab pada buku ini. Kekuatan buku ini terletak pada uraian yang sistematis dan didukung oleh studi-studi kasus untuk membantu pemahaman material pada setiap bab. Buku ini akan memberikan manfaat yang besar bagi peningkatan kualitas jasa konstruksi Indonesia, terutama dalam menghadapi era pasar bebas.”
  • Ir. Muhamad Abduh, Ph.D., Ketua Program Studi Sarjana Teknik Sipil, FTSL, ITB. – “Upaya untuk meningkatkan kinerja proyek konstruksi masih sangat terbuka di Indonesia, melihat praktik-praktik yang banyak dilakukan oleh praktisi konstruksi Indonesia pada saat ini, baik pada tingkatan manajemen perusahaan konstruksi, manajemen proyek, operasi konstruksi dengan teknologi dan metodanya, bahkan pada tingkat tugas yang dilakukan oleh pekerja di lapangan sekalipun. Buku ini merupakan sebuah contoh dari upaya nyata tersebut. Buku ini akan memberikan sumbangsih yang berharga bagi konstruksi Indonesia pada tingkatan manajemen proyek, dengan mencoba menerapkan PMBOK, sebagai referensi, dengan benar dan kontekstual pada proyek konstruksi, yang juga didukung oleh pengalaman penulis dalam praktik manajemen proyek konstruksi pada berbagai proyek konstruksi. Hal tersebut merupakan kekuatan dari buku ini. Semoga buku ini dapat menjadi acuan bagi praktik-praktik manajemen proyek konstruksi yang baik di Indonesia.”
  • Ir. Mochamad Agung Wibowo, M.M., M.Sc., Ph.D., Dekan Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro. – “Perubahan fenomena pada lingkungan industri konstruksi sangat dinamis. Hal ini membawa tingkat persaingan pada industri konstruki menjadi lebih tinggi. Kebutuhan untuk meningkatkan efisiensi serta produktivitas yang lebih baik dalam menyelesaikan proyek konstruksi menjadi hal yang harus dilakukan oleh para pelaku di dalam industri kontruksi. Pada sisi lain, tidak semua pelaku mempunyai modalitas dan kompetensi yang cukup untuk memenangkan persaingan. Buku ini, menyajikan secara runtut pada sudut pandang konseptual, filosofis serta dilengkapi contoh-contoh yang sangat baik guna menjelasakan Manajemen Proyek. Dasar-dasar Manajemen Proyek berdasarkan PMBOK 5th dibahas dengan sangat baik. Penyajian dan layout yang dirancang secara sempurna menjadikan buku ini enak dibaca serta mudah dipahami bagi para pelaku industri konstruksi serta bagi para mahasiswa.”
  • Dr. Eng. Indradi Wijatmiko, S.T., M.Eng., Dosen dan Ketua Program Studi Sarjana Jurusan Teknik Sipil FTUB. – “Buku ini memberikan nuansa baru di bidang pendidikan, isinya yang mengupas mengenai manajemen proyek dari tingkat dasar hingga lanjut akan melengkapi kebutuhan pengetahuan oleh mahasiswa khususnya bidang manajemen konstruksi didunia pendidikan. Tidak hanya itu, contoh-contoh yang didasarkan atas pengalaman di lapangan akan menjembatani seorang fresh graduate ke dunia kerja. Beberapa bahasan yang telah memuat standar internasional yang terbaru seperti PMBOK 5th Edition dan BIM akan memberi manfaat bagi pembaca untuk meningkatkan daya saing.”
  • Ir. Indra Susanto M.M., Managing Director PT. Prosval Consulting - “Buku ini membahas pengelolaan proyek secara sistematis dan komprehensif dengan kombinasi optimal antara aspek teknis dan strategis. Buku ini bermanfaat untuk meningkatkan efektifitas, efisiensi, dan produktifitas pengelolaan proyek agar perusahaan-perusahaan kontraktor Indonesia dapat bersaing di lingkungan bisnis yang semakin kompetitif dan siap dalam menghadapi pemberlakukan MEA”.

  • S. Anbanathan, MBA, CQM, S.Si., Strategy and Risk Consultant, PT APB Indonesia. – “Dari struktur dan pola pembahasannya, buku ini memberikan nuansa dan pendekatan yang unik, baik untuk para akademis maupun praktisi. Hal ini dapat dilihat dari cara penulis menempatkan “Pengantar Standar Manajemen Proyek” di Bab 5 sebagai pusat pembahasan (focal point). Sedangkan empat Bab sebelumnya mengupas “Konsep Umum”. Hal ini bertujuan untuk membangun kemampuan mengintegrasikan berbagai perspektif dan disiplin ilmu pengetahuan yang terkait dengan domain, sumber daya, organisasi, konteks, dan interaksi satu dengan yang lainnya. Pembahasan di Bab 6 hingga Bab 10, merupakan pembahasan “Konsep Khusus” yang mengintegrasikan konsep QCD (Quality, Cost, and Delivery) dalam pola yang terintegrasi dengan manajemen lingkup dan pemangku kepentingan. Struktur pembahasan seperti ini menunjukkan bahwa dibutuhkan keseimbangan pengetahuan dan kemampuan terhadap basis pengelolaan proyek dan potensi untuk menyelenggarakan manajemen proyek yang berorientsi pada peningkatan dan keefektifan”
  • Ramon Moerman, Corporate SHE Manager PT. PP (Persero) Tbk. – “The systematic approach of project management and all its processes proves a clear and precise understanding of how to help (future) Project Managers improve their performance. Links are made between system that already exist and a more methodical approach to planning, timing and budgets when a budget is properly set up and the schedule adhered to, the Project Manager will be successful in completing the project.”


PROFIL PENULIS

Budi Suanda S.T.,M.T., menyelesaikan studi S1 Teknik Sipil di Universitas Gadjah Mada dan S2 Manajemen Proyek di Universitas Indonesia. Sejak lulus S1 hingga sekarang, berkarir di PT. PP (Persero) Tbk. dimulai sebagai Engineer hingga Project Manager, dan Technical Advisor, pada 20 proyek konstruksi gedung dan EPC. Saat ini penulis dipercaya sebagai Manajer Teknologi, Riset, Inovasi, dan Teknik dengan tugas tambahan mengkoordinasi seluruh Project Manager Spesialisasi, Team Leader Project System Implementasi ERP-SAP di PT. PP (Persero) Tbk., Ketua PP Innovators Club dan sebagai Technical Advisor untuk bidang inovasi teknis dan manajemen proyek. Selama bekerja di PT. PP (Persero) Tbk., telah banyak dihasilkan berbagai karya dan pencapaian yang dibagi ke dalam tiga kelompok, yaitu :

Inovasi Teknik dan Manajemen Konstruksi :

  • Talang precast – Proyek RSUD Madiun (2001),
  • Metode pembongkaran bekisting pelat dalam 24 jam – Proyek Kantor Taman E.33 Jakarta (2002),
  • Tangga precast – Proyek Rusun Cakung Jakarta (2002),
  • Program perhitungan biaya tak langsung untuk tender (2003),
  • Pembuatan software optimasi waste besi (SOWB) berbasis algoritma (2007),
  • Framing perancah untuk percepatan bekisting – Proyek RSUD Kanujoso (2012),
  • Penghematan bahan bakar pelaksanaan proyek – Proyek PLTMG Duri (2013),
  • Disain dermaga temporary rolling heavy cargo untuk tanah sangat lunak – Proyek PLTMG Duri (2013),
  • Konsep struktur jembatan kayu untuk heavy cargo – Proyek PLTMG Bangkanai (2014),
  • Kelayakan transportasi cargo (CDF) terkait kondisi cuaca – Proyek PLTMG Bangkanai (2014),
  • Metode perbaikan jalan tanah Clay tipe CH – Proyek PLTMG Bangkanai (2014),
  • Disain pondasi gas engine sementara dengan kayu log – Proyek PLTMG Bangkanai (2014),

Penelitian dan Pengembangan (R&D) :

  • Pembuatan model peramalan kurs IDREUR untuk momentum hedging – Proyek PLTMG Duri (2013),
  • Pembuatan konsep SCCR / Strategic Construction Cost Reduction (2014),
  • Riset CSF’s Pelaksanaan Proyek EPC Pembangkit Listrik Tenaga Gas Engine (2014),
  • Rekomendasi disain dan metode pekerjaan atap beton anti bocor (2015),
  • Usulan konsep produktifitas proyek minimal untuk mencapai target laba dan keterbatasan SDM proyek – DVRT (2015),
  • Pembuatan konsep sistem manajemen inovasi pada perusahaan konstruksi – DVRT (2015),
  • Pembuatan metodologi riset efektifitas dan efisiensi organisasi – DVRT (2015),
  • Usulan ide konsep kegiatan pada tiap proses manajemen proyek (2016),
  • Rekomendasi metode pemanfaatan model The Lewis dalam pengelolaan stakeholder (2016),
  • Rekomendasi metodologi penentuan jumlah tenaga kerja secara empiris dalam satuan luas pada proyek gedung (2016),
  • Pengembangan konsep strategic project management (2016),
  • Rekomendasi kegiatan-kegiatan pada tiap proses manajemen proyek standar PMBOK (2016),
  • Pengembangan konsep penyelesaian dilema kendala manajemen proyek (2016).

Lomba Karya Inovasi dan Lomba Kinerja Konstruksi :

  • Juara 1 Lomba Karya Konstruksi Nasional Kategori Teknologi Tepat Guna, untuk inovasi “Dermaga Rolling Heavy Cargo Pada Tanah Sangat Lunak”, Kementrian PUPR (2015),
  • Juara 1 Lomba Kinerja Proyek Nasional Kategori Bangunan Industri, untuk Proyek PLTMG Bangkanai 155 MW, Kementrian PUPR (2015),
  • Juara 3 Lomba Best Performance Project Kategori Proyek Sipil On-Going, untuk Proyek PLTMG Bangkanai 155 MW – PP Awards, PT. PP (Persero) Tbk. (2015),
  • Juara 1 Lomba Inovasi Kategori Disain / Produk, untuk inovasi “Wooden counter-weight bridge” – PP Awards, PT. PP (Persero) Tbk. (2016),
  • Juara 1 Lomba Inovasi Kategori Manajemen Proyek, untuk inovasi “CDF as powerful planning tools for remote area projects” – PP Awards, PT. PP (Persero) Tbk. (2016),
  • Juara 1 Lomba Buku Kategori Nonkonstruksi, untuk judul buku “Advanced and Effective Project Management” – PP Awards, PT. PP (Persero) Tbk. (2016),
  • Juara 2 Lomba Proyek Paling Inovatif, untuk proyek PLTMG Bangkanai 155 MW – PP Awards, PT. PP (Persero) Tbk. (2016),
  • Juara 1 Lomba Best Performance Project Kategori Building, untuk proyek Gran Rubina – Indocement Awards, (2016),

Penulis juga aktif sebagai Pembicara Nasional pada event-event yang diselenggarakan oleh PU-PERA dan UGM. Di samping itu, penulis juga masih aktif sebagai Dosen Tamu, Dosen Pembimbing / Penguji Skripsi dan Thesis serta Expert di UI, UGM, dan Unibraw. Penulis juga adalah Trainer di PP University.

 

 

7 Responses to Publikasi Buku

  1. Selamat sore Pak Budi, untuk pembelian nya melalui form yang bapak cantumkan apakah masih tersedia buku nya? kebetulan saya mahasiswa yang sedang tugas akhir, dan buku bapak dapat menjadi sumber referensi saya. Terima kasih Pak.

  2. Selamat sore Pak Budi, saya seorang kontraktor dan tertarik sekali untuk membaca buku ini sebagai pembelajaran untuk mengembangkan tata cara manajemen perusahaan kami. Apakah saya masih dapat memesannya? Terima Kasih pak

  3. teguh tuhu prasetyo says:

    selamat sore & selamat berakhir pekan….
    alhamdulillah kmr kawulo pesan buku bapak. apakah bukunya masih tersedia? kebetulan kawulo diminta mengajar manajemen proyek, dan sangat membutuhkan referensi. matur sembah nuwun

  4. Yono Maulana says:

    Saya Sudah kirim email tapi kok belum ada balasannya ? apakah di gramedia ada buku nya pak ? atau mohon petunjuk cara pemesanannya. terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>