Salah Satu Gedung Tercantik : 30 St Mary Axe

30 St Mary Axe adalah sebuah gedung pencakar langit yang terletak di City of London. Gedung ini memiliki tinggi 180 meter (591 kaki), dan berlantai 40, sehingga menjadikannya gedung tertinggi kedua di City of London, setelah One Canada Square, dan merupakan gedung tertinggi ke-6 di London. Gedung ini adalah Gedung Perkantoran Paling Mahal dan juga salah satu gedung tercantik di dunia.

30 St Mary Axe, juga dikenal sebagai Gedung Ketimun dan Gedung Swiss Re selesai pada December 2003 dan dibuka pada May 2004.  Gedung ini didesign oleh Norman Foster and Arup engineers, dan dikerjakan oleh Skanska pada 2001–2003.

 

Sejarah

Gedung berada di tanah bekas gedung Baltic Exchange yang merupakan gedung pusat pasar global untuk penjualan kapal dan informasi pengapalan. Pada 10 April 1992, Provisional IRA meledakkan bom dekat lokasi ini, merusak gedung Exchange dan bangunan sekitarnya.

Pada 1996 Trafalgar House menyampaikan rencana Millenuim Tower, Tower setinggi 386 metres (1,266 ft) luasnya lebih dari 140,000 m2 (1,500,000 sq ft) yang terdiri atas kantor, apartemen, took, restaurant, dan taman. Rencana ini terhenti akibat keberatan karena akan menjadi melebihi batas yang akan mengganggu pesawat pada area bandara London dan Heathrow.  Rencana yang telah direvisi untuk tower yang lebih rendah telah diterima.

Gagasan/konsep dasar yang digunakan pada bangunan 30 St Mary axe yang bergaya post modern ini adalah metafora. Hal ini dapat terlihat pada bentuk bangunan yang terlihat seperti gabungan bentuk elips yang memanjang. Sang arsitek, Norman Foster dkk mempunyai gagasan untuk membuat suatu bangunan yang menyerupai roket.

Design dan Konstruksi

Pada bangunan 30 St Mary Axe, konsep ide yang digunakan oleh perancang adalah “One to One Half”. Bangunan ini memiliki konsep ide berupa bentuk gedung melebar dari dasar dan meruncing pada puncaknya. Bentuk ini direspon dari permintaan atas lokasi tapak yang kecil. Pengaturan kelompok ruang dan bentuk pada 30 St Mary Axe menggunakan pola central yang mana fungsi ruang penting di tengah dan berhubungan dengan sebagian besar ruang.

Bangunan ini sendiri menggunakan konstruksi rangka. Terciptanya fasad dari cahaya yang baik terdiri dari lapisan panel yang dobel dan dijalankan secara simple dengan memberi warna pada kaca dan lapisan yang high-performance untuk mengurangi penetrasi dari radiasi sinar ultraviolet.

 

Gedung menggunakan metode hemat energi dimana energi yang digunakan hanya separo dari konsumsi gedung sejenis. Gap tiap lantai menghasilkan masing-masing 6 shaft yang memberikan system ventilasi alami untuk keseluruhan gedung walaupun mensyaratkan pemutus api pada tiap enam lantai yang memotong “cerobong”. Shaft menghasilkan efek double glazing raksasa, udara berada diantara dua lapis glazing dan menyelubungi ruang bagian dalam kantor.

Tentang Gedung ini lainnya:

  • Style Zoomorpic
  • Total floor 41 (OG) dan 1 floor (UG) luas lantai 76.641 m2
  • Tiap lantai berotasi 5°. Tapi atrium yang bercorak spiral tidak dapat terealisasi sepenuhnya karena harus terhenti tiap enam lantai atas alas an keselamatan kebakaran.
  • Bagian kaca lengkung dari keseluruhan gedung adalah bagian paling atas yang menjadi mahkota.
  • Lift dapat membawa maksimum 378 orang pada saat bersamaan dan mencapai kecepatan 6 meter per detik. Ada 17 lift.
  • Jarak lantai-ceiling adalah 2.75 m, tiga centimetre lebih tinggi dari yang diperlukan karena mengakomodasi manusia tertinggi di dunia yang pernah ada.
  • Gedung berisi space makan malam tertinggi di London yakni pada ketinggian 13 m. Lantai tertinggi dihuni oleh Restoran Swiss Re
  • Berat gedung adalah 70000 ton, berisi 333 tiang pondasi, 35 km struktur baja seberat 11000 ton, dan 24.000 m2 cladding kaca.
  • Gedung adalah pemenang 2005 RIBA Stirling Prize for Architecture
  • Konstruksi dimulai pada 2001 dan selesai pada akhir 2003

Biaya

Biaya gedung terdiri atas biaya pembelian tanah £ 90,6 jt (1998) dan biaya konstruksi sebesar £ 138 jt (budget date 2001). Harga nilai jual  £ 595 jt. Dibeli 21 Februari 2007 oleh IVG Immobilien AG dan UK investment firm Evans Randall seharga £ 630 jt. Harga pembelian ini menjadikan 30 st Mary Axe sebagai gedung perkantoran paling mahal di Inggris.

(Untuk berdiskusi dan konsultasi terkait permasalahan Project Management yang sedang dihadapi, silahkan klik – Konsultasi. Untuk melihat lengkap seluruh judul posting, silahkan klik – Table of Content.)
Did you like this? Share it:
This entry was posted in International and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Salah Satu Gedung Tercantik : 30 St Mary Axe

  1. albert says:

    bagus bgt.. ijin minta fotonya ya buat tgs om

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>