Transformasi Bisnis dan Modern Project Management

Transformasi bisnis oleh banyak perusahaan dilakukan dalam rangka menyikapi tuntutan bisnis. Transformasi merupakan strategi perusahaan yang memiliki ciri tingkat perubahan yang signifikan. Tuntutan perubahan tersebut telah membuat perkembangan manajemen proyek menjadi lebih maju menjadi modern project management.

Dalam dunia bisnis saat ini dengan tingkat persaingan yang sangat ketat dan lingkungan yang dinamis, strategi adalah faktor kunci dari pencapaian keunggulan bersaing dan keberhasilan sebuah bisnis suatu perusahaan. Pemilihan strategi merupakan fokus utama dari top management. Proses implementasi strategi juga seringkali mengharuskan perusahaan untuk mengubah bisnisnya, mengakuisisi kompetensi baru, mengubah proses bisnis dan struktur organisasi yang semuanya memerlukan waktu yang tidak singkat yang disebut transformasi bisnis (business transformation).

Transformasi bisnis adalah seluruh proses perubahan yang diperlukan oleh suatu korporasi untuk memposisikan diri agar lebih baik dalam menyikapi dan menjawab tantangan-tantangan bisnis baru, lingkungan usaha yang berubah secara cepat maupun keinginan-keinginan baru yang muncul dari dalam perusahaan. Perubahan dilakukan secara menyeluruh dan berkesinambungan terhadap pola pikir, pola pandang dan pola tindak perusahaan, strategi bisnis, budaya perusahaan maupun perilaku dan kemampuan organisasi.

Dalam era globalisasi dimana akan terjadi peningkatan tingkat kompetisi yang tinggi, maka transformasi bisnis menjadi suatu fitur yang sangat penting yang harus dilakukan bagi top management dalam rangka bertahan atau berkembang. Transformasi bisnis kemudian akan semakin sering dilakukan sesuai tuntutan yang terjadi. Sayangnya, hanya sedikit organisasi yang berhasil dalam menjalankan program tranformasi bisnis. Terdapat tiga faktor utama yang menjadi faktor keberhasilan dalam melaksanakan sebuah transformasi bisnis, yaitu :

1. Intensitas – Merupakan faktor yang berkaitan dengan kuantitas dan frekuensi aktifitas transformasi bisnis dilakukan. Saat suatu perusahaan melaksanakan program transformasi, maka terdapat beberapa hal terkait transformasi tersebut yang harus ditingkatkan intensitasnya. Adapun contohnya adalah :

  • Review dan evaluasi pelaksanaan transformasi bisnis dalam top management meeting.
  • Produktifitas karyawan
  • Sosialisasi rencana manajemen perubahan (change management).

2. Fokus – Diperlukan tingkat fokus yang memadai untuk mencapai tujuan dari transformasi bisnis yang sedang dilaksanakan. Tindakan untuk meningkatkan fokus dapat dilakukan dengan cara merekrut karyawan baru yang memiliki kompetensi dan keahlian pada bidang yang sedang atau perlu difokuskan. Dapat pula dengan membuat suatu lembaga ad-hoc yang khusus mengawal rencana strategis perusahaan seperti Project Management Office (PMO).

3. Konsisten – Transformasi bisnis hanya akan benar-benar terasa dampaknya jika telah dilakukan secara konsisten dalam kurun waktu tertentu. Sebagai contoh adalah melakukan perubahan budaya perusahaan yang baru dimana perlu konsistensi dalam menjalankannya agar dapat berhasil.

Dengan mempertimbangkan beberapa aspek terkait transformasi bisnis seperti tingkat perubahan yang signifikan, intensitas pelaksanaan program, dan masih tingginya tingkat kegagalan pelaksanaannya, maka terjadi eskalasi tuntutan yang tinggi pula dalam pengelolaan atau manajemen program dan proyek.

Pengelolaan proyek dan program yang merupakan aspek taktis pada rencana transformasi bisnis yang sebelumnya banyak dilakukan secara tradisional atau konservatif bermetamorfosa secara cepat menjadi manajemen proyek modern yang bersifat advanced dan effective.

 

Referensi : Buku Advance & Effective Project Management – Budi Suanda S.T., M.T., 2016

Did you like this? Share it:
This entry was posted in Manajemen Proyek and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>