Menabur Ilmu dan Pengalaman, Menuai Sejuta Viewer dan Manfaat

Sejak posting pertama pada 6 Februari 2011, Alhamdulillah tak terasa jumlah pengunjung (viewer) blog ini telah mencapai 1 juta pada hari ini. Suatu capaian yang patut disukuri. 341 posting artikel dalam 25 kategori berupaya telah ikut mengkontribusi jutaan knowledge sharing untuk kemajuan manajemen proyek di Indonesia.

Dalam periode lebih 4 tahun hingga mencapai total pengunjung 1 juta pada hari ini, pengunjung terbanyak dalam sehari adalah 5796 viewer dimana rata2 pengunjung per hari akhir-akhir ini adalah berkisar 1500 viewer/hari dan terus meningkat. Jumlah tersebut dirasa cukup fenomenal mengingat hampir semua artikel pada blog ini tergolong berat, padat dan cukup panjang. Tingginya parameter tersebut menunjukkan animo yang cukup berarti terkait dunia manajemen proyek di Indonesia.

Dari sisi topik artikel, terdapat Top 30 posting artikel yang cukup menarik untuk dibahas. Berdasarkan daftar ranking, ternyata pembaca memiliki kecenderungan menyukai topik tulisan mengenai suatu proyek atau kejadian yang menarik dan terkenal. Judul tulisan “misteri pembuatan candi Borobudur” menjadi yang paling banyak dilihat. Sementara judul terkait kontrak dan schedule adalah yang paling banyak yang masuk dalam daftar Top 30 tersebut.

Judul “misteri pembuatan candi Borobudur” berisi suatu riset penulis yang berusaha mendapatkan jawaban atas bagaimana proses konstruksi candi terbesar dan sangat terkenal tersebut. Dimana hampir tidak ada referensi lain yang menyebutkan dengan jelas. Mungkin hal inilah yang menjadi daya tarik tulisan ini. Cukup banyak blog atau web lain yang menjadikan posting tersebut sebagai referensi. Hingga penulis pernah diminta untuk menjadi narasumber pada ajang nasional terkait candi Borobudur.

Topik kontrak dan schedule yang sering dikunjungi sepertinya menjawab problem utama terkait manajemen proyek di Indonesia saat ini. Dimana masih banyak terjadi dispute atas kontrak terutama kontrak lump sum dan tingginya tingkat keterlambatan proyek di Indonesia. Berikut daftar ranking secara urut dari yang tertinggi terlihat pada gambar berikut :

 

Terdapat lebih 100 website lain yang menjadikan blog ini sebagai link rujukan informasi. Di samping bahwa banyak artikel yang dijadikan referensi penelitian pada skripsi mahasiswa. Tak sedikit penulis mendapatkan email dari pembaca disamping 2096 comments dan pertanyaan yang tersebar pada semua posting. Umumnya bertanya mengenai kesulitan yang dihadapi dalam pelaksanaan proyek terutama para praktisi. Hampir semuanya yang telah direspon. Semoga bisa membantu dalam menyelesaikan masalah yang ada.

Tidak hanya praktisi, mahasiswa pun cukup aktif melontarkan pertanyaan. Banyak yang menanyakan hal-hal yang bersifat teoritis dan cukup bagus. Walau kadang ada saja pertanyaan yang dianggap dangkal seperti bertanya judul skripsi dan meminta data yang tidak dimiliki untuk kebutuhan skripsi. Maklum mahasiswa sekarang cenderung instant.

Lewat blog ini, penulis juga mendapatkan beberapa tawaran knowledge sharing dalam bentuk yang lain. Setidaknya sudah ada tiga kali permintaan untuk menjadi pembicara pada seminar nasional, dan beberapa permintaan untuk mengajar kuliah atau training di UI, UGM, dan PU termasuk menjadi dosen tamu pembimbing dan penguji untuk skripsi dan thesis. Ada juga beberapa perusahaan konstruksi asing yang meminta penulis untuk bekerja di perusahaan mereka. Bahkan penulis pernah diminta pendapat oleh anggota DPR RI layaknya sebagai staf ahli DPR. Well, sharing ilmu memang berbuah berkah. Kesemuanya tentu menjadi motivasi untuk menulis dan berbagi lebih baik lagi.

Banyaknya permintaan tersebut menjadi pertimbangan penulis untuk berusaha memberikan waktu yang lebih untuk membantu praktisi dan mahasiswa terkait project management knowledge secara khusus agar dapat bermanfaat lebih luas.

“Ilmu itu lebih baik daripada harta. Ilmu akan menjaga engkau dan engkau menjaga harta. Ilmu itu penghukum (hakim) sedangkan harta terhukum. Kalau harta itu akan berkurang apabila dibelanjakan, tetapi ilmu akan bertambah apabila dibelanjakan.”(Ali bin Abi Thalib)

 

(Untuk berdiskusi dan konsultasi terkait permasalahan Project Management yang sedang dihadapi, silahkan klik – Konsultasi. Untuk melihat lengkap seluruh judul posting, silahkan klik – Table of Content.)
Did you like this? Share it:
This entry was posted in My Blog and tagged , . Bookmark the permalink.

One Response to Menabur Ilmu dan Pengalaman, Menuai Sejuta Viewer dan Manfaat

  1. Didik says:

    Menulis, atau lebih spesifiknya ngeblog, memang banyak manfaatnya. Secara otomatis kita akan membentuk jaringan, silaturahmi, yang pastinya akan memperbanyak pintu masuk rejeki. Salam..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>