Perbedaan PMBOK 4th Edition, ISO 21500, dan PMBOK 5th Edition

Dengan perkembangan terkini dengan release PMBOK Edisi kelima, terdapat beberapa penambahan terhadap edisi sebelumnya. Dalam tuisan ini dijelaskan perbedaan tersebut. Disamping itu juga disampaikan perbedaannya dengan standart ISO 21500 sebagai tambahan pengetahuan.

Dengan telah dipublikasikannya PMBOK 5th Edition, berarti ada beberapa perkembangan terhadap edisi sebelumnya yang perlu diketahui. Hal ini karena tiap publikasi adalah respon atas perkembangan project management yang ada.

PMBOK dan ISO 21500 pada dasarnya memiliki banyak kesamaan dan bahkan hampir sama. Dimana kedua standart tersebut memperlihatkan kumpulan proses yang telah terorganisir dengan cara yang sama. Namun ISO standart terlihat lebih sederhana dengan hanya 47 halaman yang terbatas pada pengenalan atas proses-proses yang ada, dan input serta output masing-masing proses. Sedangkan pada PMBOK 4th & 5th Edition dengan lebih dari 450 halaman berisi proses manajemen proyek, input dan output serta tools & techniques.

Dalam kronologisnya, PMBOK 4th Edition dipublikasikan pada tahun 2008. Lalu disusul oleh ISO Standart pada September 2012. Terakhir PMBOK 5th Edition yang release pada akhir 2012.

Perubahan besar terdapat pada PMBOK 5th Edition dimana diperkenalkan knowledge area baru yaitu Stakeholder Management yang telah diperkenalkan oleh ISO standart. Berikut ini adalah beberapa gambar yang memetakan perbedaan yang ada:

 

Tabel Perbedaan PMBOK 4th, ISO 21500, dan PMBOK 5th (A)

Pada tabel di atas terlihat bahwa tidak ada perbedaan dari sisi stages / tahap pelaksanaan proyek. Perbedaan terdapat pada topik dimana ada penambahan satu knowledge area pada PMBOK 5th yang diperkenalkan pada ISO 21500. Secara proses, PMBOK 5th adalah yang paling lengkap dibandingkan PMBOK 4th dan ISO 21500.

 

Tabel Perbedaan PMBOK 4th, ISO 21500, dan PMBOK 5th (B)

Pada tabel diatas, dirinci lebih lanjut mengenai perbedaan antara ketiga standart tersebut. Terlihat bahwa perbedaan signifikan PMBOK 5th terhadap PMBOK 4th adalah pada tambahan knowledge area berupa Stakeholder Management. Terlihat juga pada pokok bahasan antara PMBOK 5th dan ISO 21500 tidak ada perbedaan.

 

(Untuk berdiskusi dan konsultasi terkait permasalahan Project Management yang sedang dihadapi, silahkan klik – Konsultasi. Untuk melihat lengkap seluruh judul posting, silahkan klik – Table of Content.)
Did you like this? Share it:
This entry was posted in Manajemen Proyek and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>