Sejarah Project Management dan PMBOK

PMBOK telah mulai dikenal luas oleh dunia proyek sebagai pedoman standart manajerial proyek. Standart pedoman ini dimaksudkan untuk membantu praktisi manajemen proyek dalam pelaksanaan proyek yang lebih baik. Tulisan ini menceritakan singkat mengenai sejarah dimulainya PMBOK dan perkembangannya hingga saat ini yang dikaitkan dengan perkembangan Project Management.

Dari Wikipedia, disebutkan bahwa sejarah mengenai PMBOK telah dimulai pada 1983 berupa PMBOK Guide dalam bentuk White Paper yang dipublikasikan oleh PMI (Project Management Institute). Lalu edisi pertama atas PMBOK dipublikasikan secara resmi pada tahun 1996 yang diikuti oleh publikasi edisi kedua pada tahun 2000.

Perkembangan selanjutnya dipublikasikan edisi ketiga pada tahun 2004. Dimana pada edisi ini mengalami banyak perubahan yang signifikan. Edisi keempat dipublikasikan pada tahun 2008. Lalu yang terakhir adalah edisi kelima yang dipublikasikan akhir 2012.

 

Gambar sampul buku PMBOK 5th Edition

Perkembangan PMBOK tidak lepas dari perkembangan Project Management itu sendiri yang mengalami percepatan sejak pertengahan era abad ke-20. Berikut gambaran hubungan antara keduanya.

 

Sebelum 1917 dimana mulai dikembangkan dan ditemukan fitur project management yang penting yaitu Gantt Chart, The Critical Path Method, WBS, dan lainnya, pekerjaan proyek-proyek besar dipastikan akan begitu sulit. Bisa dibayangkan pekerjaan Piramida Giza, The Great Wall, dan Hover Dam project yang merupakan proyek besar, membutuhkan waktu yang cukup lama dalam pengerjaannya yang mengalami kesulitan tinggi dalam proses pekerjaan dan manajerialnya.

Terdapat beberapa perbedaan antara informasi dari Wikipedia timeline pada gambar di atas yang diambil dari referensi web projectsmart.co.uk. Namun apapun perbedaan waktu yang terjadi, hal yang penting adalah bahwa perkembangan PMBOK adalah wujud nyata atas perkembangan project management yang terkini.

 

(Untuk berdiskusi dan konsultasi terkait permasalahan Project Management yang sedang dihadapi, silahkan klik – Konsultasi. Untuk melihat lengkap seluruh judul posting, silahkan klik – Table of Content.)

Did you like this? Share it:
This entry was posted in Manajemen Proyek and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>