Project Manager dan Kompetensi Idealnya

Tantangan karir tertinggi di proyek adalah menjadi PROJECT MANAGER. Di pundaknya tertumpu beban yang begitu berat. Di awal proyek dia harus cepat memetakan proyek termasuk tim proyeknya. Menemukan strategi utama dengan segera, eksekusi, dan mengevaluasinya sebagai salah satu bahan manajemen perubahan yang diperlukan yang terkadang harus dilakukan dengan cepat.

Tulisan ini diambil dari Slovak Journal of Civil Engineering yang ditulis oleh G. Kalinova. Berikut beberapa hasil penelitian yang penting berikut penjelasannya:

Tabel 1. Portofolio Kompetensi Project Manager

Terlihat ada delapan kompetensi manajerial dalam portofolio kompetensi project manager dan penjelasannya. Berikutnya dijelaskan masing-masing kompetensi tersebut:

 

A. Costumer Orientation

Prinsip dasar atas kompetensi ini adalah bahwa seorang project manajer harus dapat meningkatkan nilai perusahaan atas pemahamannya atas pelanggan dan pasar dengan memberikan kualitas yang baik. Hal terpenting adalah bahwa project manager harus membangun relasi dengan pelanggan yang berkelanjutan. Berikut rincian atas kompetensi ini:

Tabel 2. Costumer Orientation

B. Orientation to Target

Kompetensi ini adalah bahwa seorang project manajer harus berfikir dalam konteks perusahaan atas kelanjutan jangka panjang perusahaan. Berfikir strategis diaplikasikan pada fungsi atau proses, produk dan market, sebagian atau keseluruhan bagian perusahaan. Hal terpenting adalah bahwa project manager harus mampu membuat dan mengembangkan strategi. Berikut rincian atas kompetensi ini:

Tabel 3. Orientation to target

 

C. Change Management

Seorang project manajer harus mampu untuk mencoba melakukan perubahan atau mengembangkan perusahaan untuk tujuan transformasi sesuai dengan tantangan yang ada. Hal terpenting adalah bahwa project manager harus mampu menciptakan budaya perubahan dan mampu pula untuk memibilisasi anggota tim untuk berubah dan berinovasi. Berikut rincian atas kompetensi ini:

Tabel 4. Change Management

 

D. Behavior in Accordance With Corporate Value

Seorang project manajer harus konsisten atas kata-kata dan perbuatan. Dia harus mengidentifikasi dan berjuang untuk menjaga nilai-nilai perusahaan.  Hal terpenting adalah bahwa project manager harus mampu untuk membangun struktur organisasi yang memenuhi nilai-nilai perusahaan dan menjadi teladan atasnya. Berikut rincian atas kompetensi ini:

Tabel 5. Behaviour in accordance with corporate value

 

 

E. Development of Team Members

Seorang project manajer harus dapat meningkatkan kemampuan anggota tim proyeknya.  Hal terpenting adalah bahwa project manager harus mampu menciptakan peluang untuk pengembangan karir. Berikut rincian atas kompetensi ini:

Tabel 6. Development of Team Members

 

F. Team Management

Seorang project manajer harus memusatkan, membimbing dan membangun tim yang efektif.  Hal terpenting adalah bahwa project manager harus mampu untuk membangun suatu budaya berdasarkan kinerja yang tinggi dengan cara melibatkan diri dalam mengembangkan tim. Berikut rincian atas kompetensi ini:

Tabel 7. Team Management

 

G. Cooperation

Seorang project manajer harus dapat bekerja sama dengan semua pihak terkait dalam rangka pemenuhan obyektif perusahaan.  Hal terpenting adalah bahwa project manager harus mampu untuk mengembangkan relasi dan menggunakannya. Berikut rincian atas kompetensi ini:

Tabel 8. Cooperation

G. Development Orientation

Seorang project manajer harus mampu untuk melakukan pengembangan yang berkesinambungan.  Hal terpenting adalah bahwa project manager harus percaya diri dengan bekerja dalam motivasi yng tinggi. Berikut rincian atas kompetensi ini:

Tabel 9. Development Orientation

 

(Untuk berdiskusi dan konsultasi terkait permasalahan Project Management yang sedang dihadapi, silahkan klik – Konsultasi. Untuk melihat lengkap seluruh judul posting, silahkan klik – Table of Content.)
Did you like this? Share it:
This entry was posted in Leadership & Project Manager and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>