Happy Birthday www.manajemenproyekindonesia.com

Tak terasa sudah setahun (lebih sedikit) saya membiasakan diri untuk menuangkan pengalaman dan ilmu di blog ini. Seperti halnya pada tiap perayaan ulang tahun, perlu ada review dan renungan..tak terkecuali blog ini.

Blog ini ternyata terlalu spesifik..yah, karena memang tujuannya yang spesifik kok..saya menulis untuk reminder, lesson learn dan charging ilmu saya dalam mengerjakan proyek yang berlandaskan knowledge dan penelitian yang didapat dan yang dilakukan. Ini ditulis agar pada staf dapat langsung belajar, mahasiswa saya dapat bahan referensi materi atau kasus penelitian, serta berharap dapat berguna lebih luas bagi masyarakat konstruksi di Indonesia. Jadi, biarlah terlalu spesifik topiknya, namun memiliki nilai kegunaan yg tinggi.

Well, bolehlah spesifik..lalu bagaimana viewernya? banyak blogger berharap viewer yang banyak. Wajar saja, semakin banyak viewer maka akan semakin tinggi appresiasi terhadap blogger. Bloggernya tambah ngetop dong, (hehe…maunya) Karena blog ini spesifik dan padat, saya berharap tingginya viewer berarti semakin banyak ilmu dan pengalaman yang saya share, mudah2an jadi amal jariyah..amiiin. Sekarang kita lihat perkembangan viewer dalam beberapa grafik dan data berikut ini:

Gambar 1. Blog stats resume

Alhamdulillah..viewer blog ini cukup banyak. Sudah 104.380 kali dilihat. lebih banyak dari viewer pada website tiga perusahaan konstruksi sendiri,hehe…trus rekor viewer adalah 777 viewer/day. Angka yang cantik. Ga disangka juga setinggi itu. Sekali lagi saya bersyukur. Semoga tahun ke dua bisa tembus 1000 viewer/day karena tulisan yang bertambah dan promosi (ngarep.com).

Gambar 2. Perkembangan jumlah viewer per bulan

Grafiknya punya tren meningkat sejak awal. Turun di bulan Juli, Agustus, September, Desember. Bulan Februari (masih on progress). Analisa saya, turun dibulan Juli, Agustus, dan September itu terkait dengan mulainya bulan puasa dimana orang cenderung berkurang membuka internet. Mungkin kalo baca blog ini jadi tambah ngantuk dan lemes (ya udah, tidur aja..hehe). Media yang banyak dilihat saat puasa adalah media tentang ceramah agama dan lawak pas sahur. Blog ini jelas bukan tempat dagelan para pelawak dan cerita agama, paling mentok tentang ietika, inspirasi dan motivasi Insinyur. Trus lebaran, dan libur panjangnya. Pelaku konstruksi dan para mahasiswa tentu jenuh baca-baca tentang konstruksi yang kompleks dan rumit. Mending liburan dulu tarik nafas sebelum stress kerja di proyek dan bikin skripsi atau tesis, hehe…Lalu, turunnya viewer bulan Desember mungkin lebih karena banyaknya libur (Natal dan Tahun baruan). Sekarang kita lihat detail angka-angkanya

Gambar 3. Detail rata2 viewer

 

Viewer rata2 harian tertinggi pada bulan November (rata2 viewer/hari adalah 427). Itu mungkin karena liburnya sedikit dan tensi proyek sedang tinggi-tingginya karena target waktu yang sudah mepet terutama proyek pemerintah yang harus selesai awal bulan Desember. Bulan Januari dan Februari menunjukkan peningkatan yang bagus.

 

Gambar 4. Perkembangan rata2 viewer harian 1 bulan terakhir

 

Dalam beberapa minggu terakhir terutama bulan Februari ini, terus terjadi peningkatan rata2 veiwer/hari.

Bagaimana sebaran lokasi viewer, dengan clustermaps dapat dilihat sebarannya berikut ini:

Peta dan Data sebaran Viewer

 

Dari data peta dan tabel sebaran viewer terlihat bahwa blog ini masih “jago kandang” karena dominasi viewer dalam negri. Dari luar negri viewer didominasi oleh Amerika Serikat, Eropa dan Asia Pasific. Dari dalam negri sangat didominasi oleh propinsi di Jawa. Keknya perlu pemerataan viewer atau karena proyek memang lebih banyak di Jawa?hehe..viewer atau proyeknya yang harus diratakan?

Sekarang kita lihat materi yang paling banyak dibaca, silahkan lihat tabel berikut:

Gambar 5.  Tulisan yang paling banyak dilihat

 

Viewer ternyata lebih menyenangi topik konstruksi yang bersifat umum dan populer seperti Candi Borobudur dan proyek terkenal di Indonesia maupun di luar negri. Topik posting yang lain yang cukup banyak adalah tentang keterlambatan proyek, problema kontrak konstruksi lump sum, green construction, masalah komunikasi, konflik dan relationship. Ini berarti viewer blog ini cukup banyak dari kalangan bukan pelaku konstruksi / kalangan umum.

Saya perkirakan bahwa pelaku konstruksi banyak yang memilih untuk membaca topik keterlambatan proyek dan problem kontrak konstruksi lump sum karena memang dua topik itulah yang paling sering menjadi masalah di proyek. Ini fenomena menarik yang dapat dijadikan bahan penelitian (dasar suka riset nih..). Yuk kita cek data search engine terms nya di bawah ini:

Gambar 6.  Search Engine Terms

 

Dari tabel di atas, paling banyak dicari tentang candi Borobudur, manajemen proyek, kontrak lump sum, green building, dan nama proyek-proyek terkenal di Indonesia dan di luar negri. Hmm..mirip juga dengan kesimpulan sebelumnya.

Lalu bagaimana comment2 yang ada?…saya hanya approve comment yang beneran dan bukan spam (paling banyak spam, gile bener…) tercatat ada 252 comment yang saya approve dimana hampir keseluruhan saya reply.

Trus bagaimana produktifitas menulis? sampai dengan sekarang ada 150 judul posting. Ini artinya 0.4 judul posting / hari..susah ya memahami angka itu. Gampangnya saya posting tiap 2.4 hari sekali. Tau deh itu produktif apa ga…yang penting kalo sempet ada waktu luang, ya nulis..(tarik maaang…)

Kira-kira begitulah kesimpulan mengenai statistik blog ini. Di ulang tahun pertama ini, patut disukuri perkembangannya. Saya akan terus menulis sebagai sumbangsih bagi dunia konstruksi di Indonesia…tak lupa saya selalu menunggu masukan yang membangun. semoga bermanfaat bagi para viewer dan Happy Birthday www.manajemenproyekindonesia.com :-)

Did you like this? Share it:
This entry was posted in Manajemen Kontraktor and tagged , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Happy Birthday www.manajemenproyekindonesia.com

  1. Senja Prahara says:

    Selamat pak, Dirgahayu ke-1. Dari statistik di atas, sangat menyayangkan bahwa posting tentang problem solving jauh di ranking terbawah. Artinya, pasar alias penkonsumsi blog ini suka pada solusi2 yang siap saji dan siap santap, tak perlu menggoreng lagi. hehehehe….:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>