Jalan Tol Menembus Gedung

Permasalahan keterbatasan lahan semakin mengemuka dalam pengerjaan proyek belakangan ini. Namun tentu tak menyurutkan dalam menemukan ide yang luar biasa untuk menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi. Gate Tower Building adalah bukti nyata hasil ide yang brillian.

“Gate Tower Building”, gedung berlantai 16 di Osaka, Jepang ini terbilang unik karena adanya jalan tol yang menembusnya, tepat di lantai 5 hingga 7. Jalan tol yang menembusnya merupakan jaringan jalan tol sepanjang 293,3 km. Jalan tol ini adalah bagian dari “Hanshin Expressway”, jaringan jalan tol yang menghubungkan Osaka, Kobe dan Kyoto. Uniknya lagi, penyelenggara jalan tol tersebut merupakan penyewa tetap pada lantai 5 hingga 7 di gedung ini. Pada tahun 1983, pembangunan gedung baru di area gedung unik berada dihentikan oleh pemerintah setempat, dikarenakan rencana pembangunan jalan tol sudah final. Namun, pemilik gedung ini menolak untuk menyerah, ia tidak mau memindahkan gedungnya.

Setelah bernegosiasi dengan penyelenggara jalan tol selama 5 tahun, muncullah solusi ini. Pemilik gedung menggunakan tiang penyangga ganda untuk melindungi gedung ini dari getaran, dan juga struktur melingkar di sekeliling bagian yang digunakan untuk ditembus jalan tol. Gedung ini selesai dibangun pada tahun 1992.

(diambil dari www.proyekindonesia.com)

Did you like this? Share it:
This entry was posted in International and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>